Selasa, 10 Desember 2019 04:43

Besok Gelar Penetapan Pimpinan DPRD Gresik, 7 Fraksi Sudah Siapkan Pembagian AKD

Selasa, 10 September 2019 17:42 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: M. Syuhud Almanfaluty
Besok Gelar Penetapan Pimpinan DPRD Gresik, 7 Fraksi Sudah Siapkan Pembagian AKD
Suasana paripurna pelantikan DPRD Gresik periode 2019-2024 beberapa waktu lalu. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Pimpinan dewan sementara dan 7 ketua fraksi DPRD Gresik menggelar rapat membahas paripurna penetapan 4 pimpinan DPRD Gresik definitif periode 2019-2024.

Rapat yang dipimpin Ketua DPRD sementara Moch. Abdul Qodir didampingi Wakil Ketua Asluchul Alif tersebut memutuskan bahwa paripurna penetapan 4 pimpinan akan digelar Rabu (11/9) besok.

"Kita agendakan siang paripurnanya," kata Abdul Qodir kepada BANGSAONLINE.com usai rapat, Selasa (10/9).

Ia menjelaskan, paripurna penetapan tersebut sebagai tindaklanjut masuknya 4 surat pengajuan pimpinan DPRD Gresik dari 4 partai politik peraih suara kursi terbanyak. Yakni PKB mengajukan Fandi Ahmad Yani sebagai Ketua DPRD, Gerindra mengajukan Asluchul Alif sebagai Wakil Ketua, Golkar mengajukan Ahmad Nurhamim sebabagi Wakil Ketua, dan PDIP mengajukan Mujid Riduan sebagai Wakil Ketua.

Sementara Ahmad Nurhamim menyatakan bahwa prosedur pelantikan pimpinan DPRD definitif memang didahului penetapan dalam paripurna. Setelah ditetapkan, kemudian diajukan surat permohonan pelantikan ke Gubernur Jatim melalui Bupati.

"Kita memang harus bergerak cepat agar sesegera mungkin di jeda akhir tahun 2019 bisa menuntaskan tugas-tugas yang menanti," katanya.

Diketahui, setelah penetapan pimpinan, ada tugas lain yang menanti DPRD Gresik. Yakni pembentukan Alat Kelengkapan Dewan (AKD).

Terkait hal ini, Sekretaris DPC PPP Gresik Khoirul Huda menyatakan, para petinggi partai telah melakukan komunikasi politik untuk pembagian pimpinan AKD secara proporsional berdasarkan perolehan kursi masing-masing parpol.

Rencana awal, Huda mengungkapkan, jatah Ketua Komisi I (membidangi hukum dan pemerintahan) diberikan kepada F-PDIP (dengan 6 kursi). Ketua Komisi II (keuangan dan pendapatan) diberikan F-Gerindra dengan 8 kursi. Komisi III (pembangunan) diberikan F-Golkar dengan 8 kursi. Dan, Ketua Komisi IV (kesra, pendidikan, dan kesehatan) diberikan FKB dengan 13 kursi.

Sementara Badan Pembuat Berda (Bapemperda) diberikan Fraksi Amanat Pembangunan (FAP) gabungan dari PPP dan PAN dengan 6 kursi. Serta Badan Kehormatan (BK) diberikan F-Nasdem dengan 5 kursi. "Sedangkan F-PD dengan 4 kursi akan mendapatkan jabatan wakil ketua AKD," pungkas Huda. (hud/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Senin, 09 Desember 2019 06:11 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Untuk menyambut peringatan hari jadi Banyuwangi (Harjaba) ke-248 pada 18 Desember 2019, Kabupaten yang berjuluk The Sunrise of Java ini menggelar parade seni budaya Kuwung dengan tema "Gumelare Bumi Blambangan" Sab...
Senin, 09 Desember 2019 23:53 WIB
Oleh: Sila Basuki, S.H., M.B.A. Tren kemenangan seorang calon independen dalam pilkada Kota Surabaya akan sangat mungkin terjadi, mengingat di beberapa kota lain juga bisa terjadi. Berkat Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2008, tentang p...
Sabtu, 30 November 2019 20:10 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*76. Wa-in kaaduu layastafizzuunaka mina al-ardhi liyukhrijuuka minhaa wa-idzan laa yalbatsuuna khilaafaka illaa qaliilaan.Dan sungguh, mereka hampir membuatmu (Muhammad) gelisah di negeri (Mekah) karena engkau h...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...