Selasa, 11 Agustus 2020 10:51

Bupati Gresik Jatuhi Hukuman Disiplin 6 ASN Nakal

Selasa, 27 Agustus 2019 18:54 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: M. Syuhud Almanfaluty
Bupati Gresik Jatuhi Hukuman Disiplin 6 ASN Nakal
Sambari Halim Radianto

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Bupati Gresik Sambari Halim Radianto menjatuhi hukuman disiplin 6 aparatur sipil negara (ASN) karena terbukti melanggar disiplin pegawai. Sebaliknya, Bupati juga memberikan reward terhadap ASN berprestasi.

"Tak hanya memberikan tunjangan sebagai reward khusus, saya juga menjatuhkan sanksi tegas berupa punishment," ujar Bupati, Selasa (27/8)

Terkait hal ini, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Gresik Nadlif menjelaskan selama tahun 2019 ini sudah ada 6 ASN yang mendapatkan sanksi. "Mereka adalah ASN yang melanggar aturan dan tidak disiplin sesuai Peraturan Pemerintah (PP) nomer 53 tahun 2010," ungkapnya.

Bahkan, kata Nadlif, dari 6 ASN yang disanksi, ada 1 orang yang diberhentikan tidak dengan hormat. "Lainnya, 1 orang diberhentikan sementara, 3 orang diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri, dan 1 orang dibebaskan dari jabatan eselon IV (non job). Khusus untuk PNS yang diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri, mereka masih punya kesempatan punya hak pensiun dengan syarat saat diberhentikan tersebut berusia di atas 50 tahun dan masa kerja di atas 20 tahun," terangnya.

Nadlif menjelaskan ASN yang disanksi itu di antaranya melanggar PP 53 tahun 2010, yakni tidak masuk kerja selama 46 hari dalam setahun (tidak secara berturut-turut) tanpa adanya keterangan yang sah.

"Selain itu, juga ASN yang terkait pidana tipikor, penyalahgunaan kewenangan, maka setelah putusan pengadilan akan dikenakan pemberhentian tidak dengan hormat," pungkasnya. 

Sementara untuk reward ASN berprestasi, lanjut Nadlif, diberikan sesuai pangkatnya. Di antara reward yang sudah diberikan di antaranya kepada salah seorang ASN yang ada di Dinas Perhubungan (Dishub).

"ASN diberikan jabatan meski pangkatnya masih setingkat di bawah dari jabatan semestinya," jelas Nadlif.

Menurutnya, ASN yang akan mendapat reward dari Bupati adalah mereka yang peduli terhadap lingkungannya. "Yakni berbuat banyak terhadap lingkungan sekitarnya dan mengharumkan nama Pemkab Gresik," ujarnya.

"Contohnya, ada ASN yang peduli terhadap pembangunan dan banyak menyelesaikan masalah yang ada di lingkungannya dengan berkoordinasi dengan Pemkab Gresik. Maka, ASN itu pantas diusulkan untuk mendapatkan reward," pungkasnya. (hud/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 24 Juli 2020 19:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kreatif. Itulah kata yang tepat untuk menggambarkan apa yang sudah dilakukan oleh Pemkot Surabaya dalam usahanya mempercantik kawasan Ekowisata Mangrove Medokan Sawah. Betapa tidak, dari sejumlah barang-barang bekas, sepe...
Senin, 10 Agustus 2020 18:53 WIB
Oleh: M Mas'ud AdnanApollinaris Darmawan - seorang kakek – sangat rajin menghina dan memfitnah agama Islam dan Nabi Muhammad. Dari jejak digitalnya, Apollinaris yang non muslim itu kurang lebih 10 tahun menghina Islam dan juga tokoh-tokoh Islam ...
Minggu, 02 Agustus 2020 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Senin, 03 Agustus 2020 11:04 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan ala...