Arumi Bachsin: Asman Toga Beri Dampak Positif Peningkatan Kualitas Hidup Masyarakat

Arumi Bachsin: Asman Toga Beri Dampak Positif Peningkatan Kualitas Hidup Masyarakat Ketua PKK Provinsi Jatim Arumi Emil Dardak hadir pada Lomba Asuhan Mandiri Tanaman Obat Keluarga (Asman Toga) dan Akupresure di Desa Kebobang, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Malang. foto: ist

MALANG, BANGSAONLINE.com - Asuhan Mandiri Tanaman Obat Keluarga (Asman Toga) terbukti memberi dampak yang luas bagi kualitas hidup masyarakat. Terutama, dalam memberikan manfaat dalam pemenuhan kebutuhan tanaman obat-obatan keluarga sehingga menghasilkan kualitas hidup sehat bagi masyarakat, baik yang ada di desa maupun perkotaan.

Demikian disampaikan Ketua PKK Provinsi Jatim Arumi Emil Dardak saat memberikan arahan pada Lomba Asuhan Mandiri Tanaman Obat Keluarga (Asman Toga) dan Akupresure di Desa Kebobang, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Malang, Kamis (22/8).

Ia mengatakan, Asuhan Mandiri melalui Pemanfaatan TOGA dan Akupresur dapat memotivasi masyarakat untuk mandiri dalam meningkatkan kualitas kesehatan.

Asman Toga, lanjut Arumi, berfungsi untuk menciptakan kualitas hidup masyarakat desa dengan baik, sehingga dapat meningkatkan pendapatan keluarga bagi ibu-ibu di desa.

Istri Wagub Jatim menjelaskan, bahwa PKK berperan aktif dalam mendorong pembangunan manusia dengan meningkatkan kualitas kesehatan melalui pemberdayaan masyarakat. Salah satu bentuknya adalah dengan membina dan menggerakan kelompok Asuhan Mandiri melalui pemanfaatan TOGA dan Akupresure.

Peran PKK dalam Asuhan Mandiri dinilai sangat penting. Karena PKK merupakan suatu gerakan masyarakat, khususnya dalam pembentukkan kelompok Asuhan Mandiri melalui pemanfaatan TOGA dan Akupresure.

Saat ini, lanjut Arumi, tren hidup sehat terus dilakukan oleh seluruh masyarakat di dunia. Bahkan, pola tersebut menggunakan tanaman tradisional sebagai obat.

"Perubahan iklim yang cenderung merusak alam dan seisinya mengakibatkan ekosistem alam menjadi tidak seimbang. Maka, Asman Toga diharapkan mampu memberikan dampak positif bagi terciptanya ekosistem alam yang baik," tambahnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO