Arumi Bachsin Kunjungi Sentra Perajin Sarung Tenun di Desa Wedani Gresik

Arumi Bachsin Kunjungi Sentra Perajin Sarung Tenun di Desa Wedani Gresik Ketua TP PKK Jawa Timur, Arumi Bachsin, saat melihat kain tenun di Desa Wedani, Kecamatan Cerme, Gresik. Foto: SYUHUD/BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Ketua TP PKK Jawa Timur, Arumi Bachsin, mengunjungi sentra perajin sarung tenun di Desa Wedani, Kecamatan Cerme, , Selasa (8/8/2023).

Istri Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak, yang juga menjabat Ketua Dekranasda Jatim itu datang didampingi Ketua Dekranasda , Nurul Haromaini Fandi Akhmad Yani, dan Camat Cerme, Umar Hasyim, serta Kepala Desa Wedani, Hadi Sanjaya.

Saat di desa penghasil devisa produsen kain tenun terkemuka itu, Arumi mengunjungi Workshop dan galeri koperasi WGN. Hadi menyatakan, kehadiran istri Emil Dardak itu untuk merencanakan pengembangan, dan memajukan produk UKM tenun dengan cara mengadakan even seperti Wastra atau Jember Festival.

"Ibu Arumi ingin membantu dan memajukan produk tenun Koperasi WGN di Desa Wedani secara luas," ucapnya.

Menurut dia, kunjungan Arumi ke desa yang memiliki sekitar 60 perajin kain tenun tradisional ini merupakan bentuk dukungan moril dan perhatian dari istri pejabat di Jawa Timur. Ia menambahkan, Desa Wedani dikenal sebagai Desa Sentra Tenun. 

Desa ini merupakan salah satu Desa Devisa yang ada di Jawa Timur. Desa Devisa merupakan salah satu program yang dipelopori Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) atau Indonesia Eximbank untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan daya saing komoditas yang dihasilkan suatu wilayah.

Desa Wedani memiliki sekitar 60 perajin sarung dan menyerap lebih kurang 1.500 tenaga kerja dengan kemampuan produksi masing-masing perajin sebanyak 200 lembar sarung tenun Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM) perhari. (hud/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Viral! Video Manusia Menikahi Kambing di Gresik, Bupati Mengecam: Jahiliyah!':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO