5 Kuliner Legendaris Khas Solo yang Tidak akan Mengecewakan

5 Kuliner Legendaris Khas Solo yang Tidak akan Mengecewakan Ilustrasi. foto: foto: limakaki.com

BANGSAONLINE.com - Punya rencana liburan ke , tapi belum punya referensi kuliner khas yang harus dicoba? Soal makanan memang agak tricky karena takut rasanya kurang cocok di lidah. Ingin mencoba berbagai kuliner hits, tapi belum pasti cita rasanya. Untuk menyiasati agar tidak kecewa, kamu bisa coba kuliner legendaris yang rasanya sudah teruji. Berikut rekomendasi kuliner legendaris khas yang tidak akan bikin kamu kecewa.

1. Timlo Sastro

Masih asing dengan makanan bernama timlo? Timlo adalah hidangan berkuah yang berisi kembang tahu, telur, atau daging dengan cita rasa gurih dan segar. Timlo sastro legendaris di terletak di belakang Pasar Gede, sekitar Kampung Balong. Makanan yang juga dikenal sebagai timlo balong ini sudah hadir sejak 1952 hingga saat ini diteruskan oleh anaknya. Warung Timlo Sastro sudah memiliki beberapa cabang dan buka sampai pukul 22.00 WIB.

Dari segi penampilannya, kuah timlo mirip seperti sup, bening dan tidak berwarna kuning seperti kuah soto. Namun, cita rasanya seperti gabungan sup dan soto dengan bumbu bawang putih, pala, lada, dan taburan bawang goreng. Untuk kuahnya terbuat dari kaldu ayam pekat yang dihidangkan dengan berbagai macam isian seperti ati ampela, semur telur bebek, potongan daging ayam, dan sosis solo. Kamu bisa mendapatkan hidangan lezat ini dengan kisaran harga Rp 10-20 ribuan saja.

2. Sate Kere Yu Rebi

Sate yang satu ini tidak terbuat dari daging, melainkan ampas sisa pembuatan tempe yang direndam dalam bumbu bacem. Olahan tersebut lalu dibakar dan disajikan bersama siraman sambal kacang. Warung sate Kere Yu Rebi sudah ada sejak 1986 dan bertempat di Jalan Kebangkitan Nasional. Saking legendarisnya, kuliner ini jadi langganan Presiden Jokowi saat masih menjabat sebagai Wali Kota .

Disebut sate kere karena di zaman dahulu, sate daging dianggap makanan mewah dan dinikmati kalangan atas. Nah, masyarakat yang kurang mampu atau ‘kere’ membuat versi tempe atau jeroan. Satu porsi sate kere harganya tentu lebih murah ketimbang sate daging ayam atau sapi, hanya Rp10 ribu untuk 10 tusuk, loh!

3. Selat Segar Mbak Lies

Bagi kamu yang ingin mencoba makanan dengan perpaduan cita rasa manis, gurih, dan asam, Selat Segar Mbak Lies tidak boleh dilewatkan. Kudapan hasil perpaduan Jawa dan Belanda ini terdiri dari kuah Selat , daging, lidah sapi, telur, kentang, buncis, wortel, dan mustard khas Belanda. Ketika kamu merasakannya pertama kali, kuahnya terasa dingin. Ini bukan berarti tidak segar dan matang, memang Selat disajikan dingin, baik musim panas maupun hujan. Unik, ya?

4. Gudeg Ceker Margoyudan Bu Kasno

Gudeg ceker banyak ditemui di , tapi Gudeg Ceker Margoyudan Bu Kasno ini bukanya jam 02.00 dini hari. Memang jam bukanya tidak umum, tapi biasanya mobil dan motor sudah terparkir di sisi lapaknya sejak pukul 00.30, lho. Bu Kasno berjualan Gudeg Ceker sejak 1970, setelah diwariskan oleh ibunya yang sudah berjualan sejak 1932.

Perpaduan rasa gurih, pedas, dan asin bercampur dalam satu porsi gudeg ceker yang berisi krecek, ayam kampung, telor bacem, dan tentu saja ceker. Kuah gudeg yang disiram di atasnya terlihat kental dengan perpaduan rempah dan gurihnya kaldu ayam memperkaya rasa. Kalau kamu ingin mencobanya, datanglah ke Jalan Monginsidi, Mergoyudan, tepat di depan Gereja Kristen Jawa. Jangan kaget kalau harus antre, ya.

5. Nasi Liwet Bu Wongso Lemu

Main ke , kurang lengkap kalau tidak menyantap nasi liwet. Rasa gurih dari nasi yang dimasak menggunakan santan ini disajikan dengan sayur labu pedas manis untuk membentuk cita rasa khas. ini biasa dijajakan pagi atau malam hari dan sangat mudah ditemukan di berbagai sudut kota . Salah satu yang melegenda ada Nasi Liwet Wongso Lemu daerah Teuku Umar, Keprabon. Selain rasa, keunikan Nasi Liwet Wongsu Lemu sudah berjualan sejak 1950 ini adalah penjualnya. Kamu akan dilayani oleh penjual yang masih memakai kebaya dan ditemani pengamen yang memakai sanggul dengan makeup tebal. Nyentrik, deh, pokoknya!

Nah, buat kamu yang sudah tidak sabar untuk mencoba, bisa langsung cek tiket pesawat traveloka promo agar dapat penawaran harga terbaik. Jangan lupa atur itinerary biar bisa mencoba semua panganan yang legendaris di , ya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Mulai dari 10 Ribu, Warung Omahe Dewe di Kediri Sediakan Masakan Khas Pedesaan':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO