Danguspurla Koarmada II Kunjungi Prajurit Lanal Tahuna Manado

Danguspurla Koarmada II Kunjungi Prajurit Lanal Tahuna Manado

MANADO, BANGSAONLINE.com - Untuk memaksimalkan kunjungan kerjanya di beberapa daerah operasi, Komandan Gugus Tempur Laut Laksma TNI Rachmat Eko Raharjo, M.Tr. (Hanla), CHRMP mengadakan kegiatan tatap muka bersama prajurit TNI AL yang berdinas di Pangkalan TNI AL Tahuna, Lantamal VIII Manado, jajaran , Sabtu (18/08/2019) lalu.

Dalam acara tatap muka tersebut, Danguspurla juga berkesempatan mengenalkan diri sebagai pejabat baru menggantikan Laksma TNI Erwin Aldedharma yang mengemban tugas baru sebagai Waasrena Kasal.

Dalam sambutannya, Laksma Rachmat menyampaikan bahwa acara tatap muka dan silaturrahim bersama yang diselenggarakan ini, merupakan salah satu upaya untuk dapat mempererat hubungan tali silaturrahim di antara prajurit yang sedang dalam penugasan di perbatasan. 

Dengan segenap komponen masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan rasa kebersamaan, sehingga akan lebih meningkatkan soliditas dan solidaritas dalam mengemban tugas pengabdian kepada bangsa dan negara.

“Perlu saya sampaikan bahwa sampai saat ini TNI pada umumnya dan TNI AL pada khususnya tetap mempunyai komitmen yang kuat dalam bersinergi dan bersatu dengan masyarakat dalam rangka menjaga NKRI yang aman dan damai tanpa ada permasalahan apapun,“ ujarnya.

Lebih lanjut Rahmat menegaskan, kawasan perbatasan khususnya RI dan Philipina, merupakan salah satu wilayah yang sangat rawan terhadap berbagai gangguan keamanan dan kedaulatan. 

"Berbagai ancaman lewat laut seperti kejahatan lintas negara, pelanggaran wilayah, penyelundupan obat-obatan terlarang, illegal fishing, serta satu hal yang paling krusial adalah masih adanya gerakan Abu Sayaf Group (ASG). Dan hal tersebut masih menjadi tantangan Guspurla di wilayah perbatasan dan pulau-pulau terluar," pungkasnya.

Pada Minggu pagi (18/8), Danguspurla bersama dengan rombongan, Danlanal Tahuna Letkol Laut (P) Donny Aribowo, dan segenap prajurit Lanal Tahuna, dan prajurit KRI Sultan Nuku-373 melaksanakan olahraga bersama di lapangan Mako Lanal Tahuna.

“Olahraga adalah bagian dari pembinaan personel operasi Guspurla yaitu prajurit Lanal Tahuna bersama prajurit KRI Sultan Nuku-373 yang tergabung dalam Satgas Operasi Kawanua Sakti 19 ”, tutur Danlanal Tahula Letkol Laut (P) Donny Aribowo di sela kegiatan.

Ikut hadir dalam kegiatan tersebut yakni Asops dan Aslog Guspurla . (dev/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video '​Koarmada II Gelar Vaksinasi Massal 20 ribu Dosis di Nganjuk':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO