Pangkoarmada II Lepas Lima KRI Pengawal Samudera Purna Tugas

Pangkoarmada II Lepas Lima KRI Pengawal Samudera Purna Tugas KRI Slamet Riyadi 352, salah satu kapal perang di jajaran Koarmada II yang telah memasuki tahap akhir dari masa tugasnya.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Dinamika perubahan lingkungan strategis yang semakin kompleks dan berubah begitu cepat, telah menuntut TNI dan TNI Angkatan Laut untuk menyusun suatu program pembangunan kekuatan yang tangguh dalam sistem pertahanan negara. 

Pembangunan kekuatan pertahanan negara ini tidak hanya melalui penambahan alutsista saja, namun juga melaksanakan peremajaan dan penghapusan bagi alutsista yang telah memasuki tahapan akhir dari masa daur hidupnya (Life Cycle).

Hal tersebut disampaikan Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M.,dalam amanat tertulisnya yang dibacakan oleh Panglima Komando Armada II () Laksda TNI Mintoro Yulianto, S.Sos, M.Si., selaku Irup Penurunan Ular-ular Perang KRI Koarmada II, bertempat di Dermaga Madura Markas Komando Armada II. Jum’at (16/08/2019).

Lima kapal perang di jajaran Koarmada II yang telah memasuki tahap akhir dari masa tugasnya antara lain KRI Slamet Riyadi-352, KRI Ki Hajar Dewantara-364, KRI Teluk Penyu-513, KRI Nusa Utara-584, dan KRI Sambu-902.

Lebih lanjut Kasal menyampaikan jika upacara penghapusan Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) yang dilaksanakan pada hari ini, merupakan salah satu bentuk rangkaian pembangunan kekuatan TNI Angkatan Laut, yang sekaligus juga merupakan wujud penghargaan yang tinggi terhadap dharma bakti ke lima KRI di jajaran Koarmada II tersebut.

Kasal menambahkan bahwa sejumlah prestasi maupun pencapaian hasil penugasan yang sangat membanggakan telah ditorehkan dengan tinta emas oleh KRI Slamet Riyadi 352, KRI Ki Hajar Dewantara 364, KRI Teluk Penyu 513, KRI Nusa Utara 584 dan KRI Sambu 902. Sejak awal penugasannya, ke-5 KRI tersebut telah melaksanakan berbagai penugasan baik dalam Operasi Militer Perang (OMP) maupun Operasi Militer Selain Perang (OMSP).

Lihat juga video '​Koarmada II Gelar Vaksinasi Massal 20 ribu Dosis di Nganjuk':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO