Minggu, 24 Januari 2021 20:13

Gandeng BI dan BNN, J-Scook Berikan Edukasi Tentang Uang Palsu dan Bahaya Narkoba

Kamis, 15 Agustus 2019 17:21 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Arif Kurniawan
Gandeng BI dan BNN, J-Scook Berikan Edukasi Tentang Uang Palsu dan Bahaya Narkoba
Narasumber dari Bank Indonesia saat memberikan materi tentang mengenal ciri-ciri uang asli.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Komunitas jurnalis penggemar sepeda motor scooter yang tergabung dalam Jurnalist Scooter Kediri (J-Scook) menggandeng Bank Indonesia Perwakilan Kediri mengajak pelajar di Kota Kediri untuk mengenali ciri-ciri keaslian uang rupiah.

Sosialisasi dalam rangka 1 tahun berdirinya komunitas J-Scook ini menghadirkan narasumber dari Kantor Perwakilan Wilayah Bank Indonesia Kediri Oki Haricintiono dan Ridho Wiranata dari Unit Pengelolaan Uang Rupiah.

Dalam seminar ini, Oki dan Ridho mengungkapkan pada peserta cara untuk mengetahui keaslian uang rupiah. BI mengimbau untuk melakukan langkah 3D, yakni diterawang, diraba dan dilihat. Ini adalah salah satu strategi bagaimana cara memastikan keaslian uang rupiah.

Sementara untuk menjaga keawetan uang rupiah yang beredar di masyarakat, masyarakat diminta untuk tidak melakulan lima D. Jangan diremas, dilipat, dibasahi, dicoret, dan distaples. Hal ini adalah salah satu program BI dalam menjaga keawetan uang, karena Indonesia salah satu negara yang boros dengan uang baru.

"Untuk menjaga umur uang agar kebih panjang serta agar anggaran pencetakan uang tidak terus terlalu boros," terang dua narasumber.

Sementara itu, dalam sesi selanjutnya BNN selaku narasumber di hadapan para pelajar membawakan materi tentang bahaya narkoba serta dampak penyalahangunaan narkoba. Kompol DN Indrawati Kasi Pencegaahan dan pemberdayaan masyarakat BNN Kota Kediri mengungkapkan jika peredaran narkoba saat ini kian memprihatinkan.

"Karena penjahat narkoba saat ini terus melakukan inovasi dalam melakukan peredaran narkoba dan tidak peduli siapa pun sasarannya," ungkap Kompol Indra.

Untuk itu, dia nengimbau agar terus melakukan pantauan pada anak anaknya agar tidak terjerat narkoba. Selain itu orangtua terus mencari informasi melalui media massa seperti TV maupun koran agar mengerti inovasi penjahat dalam mengedarkan narkoba.

"Kami sangat welcome jika masyarakat meminta kami untuk memberikan edukasi pada masyarakat," tandasnya.

Sementara itu Ketua J-Scook Andimas Budi mengatakan jika acara seminar ini adalah sebagai wujud peduli komunitas jurnalis tentang program program pemerintah, khususnya pada bidang sosial dan masyarakat. "Meskipun baru satu tahun, kami mencoba dapat berguna bagi masyarakat," tandasnya. (rif/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Minggu, 17 Januari 2021 10:07 WIB
Oleh: M. Aminuddin --- Peneliti Senior Institute for Strategic and Development Studies (ISDS)--- Di awal tahun 2021 ini Kemendikbud telah merelease tekadnya untuk melanjutkan apa yang disebutnya sebagai transformasi pendidikan dan pemaju...
Sabtu, 16 Januari 2021 19:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*50. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa kaana mina aljinni fafasaqa ‘an amri rabbihi afatattakhidzuunahu wadzurriyyatahu awliyaa-a min duunii wahum lakum ‘aduwwun bi/sa lil...
Sabtu, 26 Desember 2020 12:03 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...