Berharap Punya Peluang Sama, Nurhamim Ingin Anggota DPRD yang Maju Cabup Tak Perlu Mundur

Berharap Punya Peluang Sama, Nurhamim Ingin Anggota DPRD yang Maju Cabup Tak Perlu Mundur Ahmad Nurhamim

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Ketua DPRD Gresik Ahmad Nurhamim berharap sejumlah anggota DPR, DPD, dan DPRD yang mencalonkan diri pada Pilkada tak perlu mundur dari jabatannya. Sehingga, jika tidak terpilih sebagai kepala daerah bisa tetap menjadi anggota DPD, DPR, atau DPRD.

"Ini harapan semua anggota DPD, DPR, maupun DPRD yang ingin maju menjadi calon kepala daerah/calon wakil kepala daerah pada Pilkada serentak 2020 mendatang," kata Nurhamim kepada BANGSAONLINE.com, Rabu (7/8).

Nurhamim mengaku tak setuju dengan Undang-Undang (UU) Nomor 10 Tahun 2016 perubahan kedua atas UU Nomor 1 Tahun 2015, tentang penetapan peraturan pemerintah (PP) pengganti UU Nomor 1 Tahun 2014 tentang pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wali Kota. Dalam Bab V pasal 7 UU tersebut mensyaratkan bagi anggota DPD, DPR, dan DPRD yang maju pada Pilkada, maka harus mengundurkan diri setelah ditetapkan oleh KPU sebagai peserta.

"Nah, sejumlah anggota DPD, DPR, dan DPRD yang akan maju pada Pilkada serentak 2020 tengah berjuang agar pasal dimaksud dirubah. Artinya, pasal tersebut juga memberikan hak sama bagi anggoata DPD, DPR, dan DPRD yang maju pada Pilkada hanya cuti di luar tanggungan negara terhitung mulai ditetapkan KPU hingga terpilihnya kepala daerah terpilih. Bagi mereka yang tak terpilih maka bisa kembali meneruskan tugas-tugas legislasinya," terang Ketua DPD Golkar Gresik ini.

Nurhamim mengaku sangat memaklumi harapan para wakil rakyat tersebut. Sebab, saat ini hanya kepala daerah/wakil kepala daerah yang bisa cuti untuk kepentingan maju pada Pilkada.

"Permintaan mereka sangat rasional karena sama-sama jabatan yang mereka emban adalah jabatan politik. Karena gelombang permintaan perubahan pasal tersebut sangat besar dan rasional, tak menutup kemungkinan besar akan gol," pungkasnya. (hud/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO