Senin, 25 Mei 2020 05:11

Duta Genre Diharapkan Bisa Menjadi Inspirasi Bagi Remaja Lainnya

Minggu, 28 Juli 2019 12:33 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Herman Subagyo
Duta Genre Diharapkan Bisa Menjadi Inspirasi Bagi Remaja Lainnya
Novita Nur Arifin bersama Duta Genre. foto: HERMAN/ BANGSAONLINE

TRENGGALEK, BANGSAONLINE.com - Satu dari lima kategori penduduk terbesar di Trenggalek berdasarkan hasil proyeksi kependudukan tahun 2018 adalah mereka yang berusia remaja. Pernyataan ini disampaikan Ketua TP PKK Trenggalek Novita Nur Arifin ketika ia diberi kesempatan menyampaikan sambutan di acara grand Final Duta Genre tahun 2019 yang digelar di pendopo Kabupaten Trenggalek, Sabtu malam (27/7).

Menurut Novita yang juga istri Bupati Trenggalek Moh. Nur Arifin ini, jumlah remaja yang besar tersebut akan bisa aset yang luar biasa manakala bisa dikelola dengan baik.

"Dengan digelarnya Duta Genre ini, diharapkan para remaja ini bisa menjadi pelopor, bisa menjadi inspirasi bagi remaja yang lain untuk dapat merencanakan kehidupannya sendiri dengan baik," kata Novita.

"Memasuki usia 100 tahun Indonesia merdeka, remaja akan berusia 35 sampai 54 tahun. Generasi ini akan berada pada usia produktif, sehingga secara pasti akan mewarnai dan menjadi nahkoda bangsa ini," paparnya.

Karena itu, ia berharap generasi emas itu nantinya bisa menjadi generasi yang cerdas, komprehensif, produktif, inovatif, damai. Selain itu, juga berperilaku sehat dalam berinteraksi sosial.

"Anak tumbuh remaja itu godaannya luar biasa. Pasalnya sosial media sekarang ini sudah banyak yang bisa diakses. Dunia digital juga dekat dengan dunia remaja. Dunia digital banyak sekali sisi positifnya, namun kita tidak bisa menyepelekan dari sisi negatifnya," terangnya.

Dalam kesempatan itu, Novita juga mengingatkan para remaja agar tidak terjerumus dalam pergaulan bebas, seks, dan lain lain. Ia memaparkan data yang didapat dari BNN, bahwa jumlah pengguna napza dari tahun 2011 sampai dengan 2015 meningkat menjadi sebesar 5,1 juta. Sedangkan jumlah penderita HIV dan AIDS menunjukkan hampir setengahnya berasal dari kelompok usia 20 sampai 29 tahun.

Ia mengatakan, penderita AIDS di Kabupaten Trenggalek sepertiganya adalah mereka yang berusia remaja dari usia 15 sampai 24 tahun.

"Jadi ini merupakan tanggung jawab kita bersama untuk menyelamatkan para remaja dari hal-hal negatif tersebut, salah satunya mengintensifkan pelaksanaan Genre di seluruh Kabupaten Trenggalek, baik melalui pendekatan PIK-R (Pusat Informasi Konseling Remaja), satuan karya kencana, duta genre maupun BKR (Bina Keluarga Anak dan Remaja)," pungkasnya. (man/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Sabtu, 23 Mei 2020 12:36 WIB
Oleh: Firman Syah AliSaat ini gelar Habib sedang populer di Indonesia karena beberapa peristiwa. Diantaranya Insiden Habib Umar Abdullah Assegaf Bangil dengan mobil sedan mewah Nopol N 1 B diduga melanggar peraturan pemerintah tentang pembatasan sosi...
Sabtu, 23 Mei 2020 23:28 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*21. Unzhur kayfa fadhdhalnaa ba’dhahum ‘alaa ba’dhin walal-aakhiratu akbaru darajaatin wa-akbaru tafdhiilaanPerhatikanlah bagaimana Kami melebihkan sebagian mereka atas sebagian (yang lain). Dan kehidupan ...
Rabu, 13 Mei 2020 11:23 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <&...