Cegah Kerusakan Akibat Tsunami, Puluhan Siswa Siswi MTsN 1 Trenggalek Tanam Ribuan Mangrove

Cegah Kerusakan Akibat Tsunami, Puluhan Siswa Siswi MTsN 1 Trenggalek Tanam Ribuan Mangrove Aksi penanaman mangrove oleh siswa dan siswi MTsN 1 Trenggalek. foto: HERMAN/ BANGSAONLINE

TRENGGALEK, BANGSAONLINE.com - Dalam rangka mengoptimalkan penguatan kelembagaan daerah serta meningkatkan ketangguhan masyarakat dalam bidang penanggulangan bencana, BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) menggelar program Desa Tangguh Bencana di seluruh wilayah kabupaten/kota, terutama kawasan pesisir selatan pulau Jawa.

Tema yang diambil kali ini adalah Ekspedisi Destana Tsunami. Sementara untuk wilayah Trenggalek, kegiatan ini dipusatkan di Pantai Prigi atau tepatnya di 360 Kecamatan Watulimo.

Puluhan siswa asal MTsN 1 Trenggalek turut serta ambil bagian dalam kegiatan. Mereka beberapa hari sebelumnya telah menggelar kemah di kawasan tersebut. Mereka juga melakukan penanaman mangrove di lokasi Hutan Mangrove Pantai Cengkrong Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek, Sabtu (20/7).

Dikatakan oleh Ari Wiyanto guru MTsN1 Trenggalek, selain menanam ribuan mangrove, para siswa ini juga melakukan bersih-bersih sampah di sekitar pantai, dengan harapan agar biota laut tetap terjaga.

"Jadi lokasi untuk penanaman mangrove itu kurang lebih satu hektar dan anak-anak kami turut serta dalam kegiatan tersebut, termasuk bersih-bersih sampah untuk menjaga satwa yang ada di laut," katanya.

Menurut Ari, sejatinya lahan yang disediakan untuk tanam mangrove dalam kegiatan kali ini 3 hektare. Sedangkan jumlah bibit mangrove yang disediakan ada 5000. Namun, baru 1 hektare yang bisa dilakukan penanaman. Untuk sisanya, penanaman mangrove ini akan dilakukan oleh LMDH (Lembaga Masyarakat Desa Hutan) serta beberapa Organisasi Kemasyarakatan.

Ari mengatakan penanaman ribuan mangrove ini juga dimaksudkan untuk mencegah dampak Kerusakan yang diakibatkan oleh gelombang tsunami. Untuk itu pihaknya merespons positif kegiatan yang di inisiasi oleh BNPB pusat. (man/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO