Aktivis LSM Rekomendasikan Mahmud Sebagai Calon Sekkab Pacitan

Aktivis LSM Rekomendasikan Mahmud Sebagai Calon Sekkab Pacitan Sigit Yuwono, aktivis LSM Padi Foundation. foto: YUNIARDI SUTONDO/ BANGSAONLINE

PACITAN, BANGSANOLINE.com - Isu calon Sekkab Pacitan pengganti posisi Suko Wiyono pasca pensiun nanti, kembali mengemuka. Kali ini anggota LSM Participatory Development Institute (Padi Foundation) Sigit Yuwono menyampaikan pendapatnya soal sosok yang dinilai pantas menduduki Sekkab Pacitan.

"Calon sekkab harus benar-benar orang mumpuni di birokrasi. Tak cukup piawai dalam planning budgeting, namun juga harus paham benar tentang tata pemerintahan. Sebab sekkab itu sebagai fungsi teknis kebirokrasian," kata Sigit memberikan gambaran kriteria calon Sekkab Pacitan mendatang, Rabu (10/7).

Menurutnya, Sekkab harus memiliki basis kemasyarakatan yang kuat, di samping kemampuannya mengendalikan birokrasi. Sebab ia diangkat oleh gubernur atas usulan bupati yang didasarkan atas hasil assessment atau melalui lelang jabatan.

"Jadi tak hanya pintar nata keuangan dan gerbong birokrasi, karena sekkab secara otomatis juga sebagai ketua tim anggaran pemerintah daerah (TAPD). Namun figurnya di masyarakat juga harus ada dan bisa diterima banyak khalayak," ungkapnya.

Dari sejumlah catatan itu, Sigit lugas menyebut Mahmud yang saat ini masih menjabat sebagai Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekkab Pacitan, serta pelaksana tugas (plt) Kepala Bakesbangpol, sebagai figur yang paling layak menduduki Sekkab.

"Apalagi yang bersangkutan punya basic pendidikan, lantaran dulunya sebagai guru dan kepala sekolah. Yang bersangkutan uga mengendalikan ormas besar yakni Nahdatul Ulama. Ini modal kuat yang mungkin tidak dimiliki pejabat lainnya. Dulu Sekkab Pemprov Jatim (Rasiyo, Red) juga dari kalangan pendidikan," tuturnya.

Sementara itu saat dihubungi, Mahmud menyatakan jika dirinya menyerahkan sepenuhnya hal itu kepada bupati. "Saya akan mengikuti petunjuk dan perintah Pak Bupati (Indartato, Red). Sebab saya ini hanya bawahan," terang Mahmud saat ditemui di ruang kerjanya. (yun/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO