Senin, 26 Agustus 2019 12:56

Haul KH. Muhammad Yahya Dihadiri Sejumlah Kiai

Minggu, 30 Juni 2019 22:45 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Iwan Irawan
Haul KH. Muhammad Yahya Dihadiri Sejumlah Kiai
Pengasuh Ponpes Bumi Sholawat Tulangan Sidoarjo KH. Ali Masyhuri saat memberikan tausiyah di haul pendiri ponpes Miftahul Huda Malang ke-49, Minggu (30/06). foto: IWAN IRAWAN/ BANGSAONLINE

KOTA MALANG, BANGSAONLINE.com - Haul ke-49 almaghfurlah KH Muhammad Yahya, pendiri pondok pesantren Miftahul Huda (MH) atau pondok Gading Malang digelar di ponpes setempat, kawasan Kelurahan Gadingkasri, Klojen Kota Malang, Ahad (30/06).

Acara itu dihadiri berbagai kiai, termasuk Ketua MUI Kota Malang KH Baidhowi Muslich. Dalam kesempatan itu, KH. Baidhowi menyampaikan bahwa almarhum Kiai Yahya merupakan sosok yang keilmuan, kewira'iannya, serta zuhudnya sangat luar biasa. "Termasuk seorang pejuang militan di zaman Jepang dan Belanda," kata suami Hajjah Maryam Mashfiyah, putri ke-10 almaghfurlah KH M Yahya.

"Banyak ulama kesohor hatinya dekat dengan Allah SWT, mengakuinya beliau termasuk kekasih Allah. Kita para santrinya, wajib meneladani perjuangan beliau, diimplementasikan ke dalam kehidupan seharinya dengan keikhlasan dan keistiqomahan," tegasnya.

Tampak juga KH Harun Ismail dari Kota Blitar. Ia menyampaikan pentingnya gelaran haul tiap tahun sebagai bagian dari menghidupkan sunnah nabi. "Al 'Adatul Jaariyah atau Al 'Adatul Muhakkamah, artinya selama adat itu baik dan kuat serta tidak bertentangan dengan ajaran islam, bisa dijadikan sebagai landasan hukum," ucap Kiai Harun.

"Orang meninggal diselamati dengan mengundang tetangga kanan kiri, mulai hari pertama hingga 1000 harinya, sah dan boleh diamalkan. Apalagi si mayit juga berwasiat, menjadi wajib dilaksanakannya sampai selesai," terang Kiai Harun.

Haul Romo Kiai Yahya juga dihadiri pengasuh Ponpes Bumi Sholawat KH. Ali Masyhuri. Ia menyinggung hasil riset ilmiah berkaitan dengan orang yang gemar bersilaturrahim. Ia menjelaskan, orang yang gemar bersilaturrahim memiliki dua keutamaan.

"Di antaranya panjang umur (sehat) dan banyak mendapatkan rezeki. Baik secara rohani dan jasmani, hasil ini bisa dibuktikan langsung," ujarnya.

"Jalani hidup dengan keikhlasan dan kezuhudan, jauhi rasa iri dan dengki. Hidup akan lebih berkah dan mampu memberikan percikan keimanan hakiki. Memberikan teladan kepada masyarakat, sebagaimana dicontohkan oleh almaghfurlah romo Kiai Yahya," tuturnya.

Wali Kota Malang Sutiaji sebagai alumni Ponpes Miftahul Huda juga hadir dalam haul tersebut. "Banyak ilmu kehidupan, ilmu agama, dan ilmu rohani yang diperoleh dari beliau. Sulit diungkapkan secara lisan, hanya dengan keistiqomahan dan keikhlasan," tukasnya. (iwa/thu/rev)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Jumat, 23 Agustus 2019 22:22 WIB
NGAWI, BANGSAONLINE.com - Masyarakat Kabupaten Ngawi dan sekitarnya kini sedang gandrung dengan destinasi wisata baru di Desa Bringin, Kecamatan Bringin, Ngawi. Di mana, salah satu obyek wisata yang dikenal dengan nama 'Jurang Krowak' banyak men...
Minggu, 11 Agustus 2019 17:36 WIB
Oleh: Em Mas’ud AdnanPeta politik Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Kota Surabaya kembali berubah. Awalnya ada tiga kekuatan kubu politik di internal PDIP Kota Surabaya. Kubu Wihsnu Sakti Buana (wakil wali kota Surabaya), Bambang...
Senin, 19 Agustus 2019 01:09 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag58. wa-in min qaryatin illaa nahnu muhlikuuhaa qabla yawmi alqiyaamati aw mu’adzdzibuuhaa ‘adzaaban syadiidan kaana dzaalika fii alkitaabi masthuuraanDan tidak ada suatu negeri pun (yang durhaka penduduk...
Sabtu, 17 Agustus 2019 11:29 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...