Lanal Melonguane Tanam Bibit Mangrove Bersama Forkopimda dan Masyarakat Talaud

Lanal Melonguane Tanam Bibit Mangrove Bersama Forkopimda dan Masyarakat Talaud

TALAUD, BANGSAONLINE.com - Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Melonguane, yang berada di bawah komando Lantamal VIII Manado, bersama Forkopimda Kabupaten Talaud dan masyarakat Desa Alo melaksanakan penanaman bibit pohon Mangrove di pesisir pantai Desa Alo, Kecamatan Rainis, Kabupaten Kepulauan Talaud, Senin (24/6/2019).

Komandan Lanal Melonguane, Letkol (Mar) Augustinus Purba menyampaikan bahwa pohon Mangrove mempunyai banyak fungsi dan manfaat bagi ekosistem air serta alam di sekitarnya.

“Secara fisik pohon mangrove berfungsi dan bermanfaat sebagai penahan abrasi pantai, penahan peresapan air laut, penahan ombak bila terjadi tsunami, penahan angin, menurunkan kandungan karbondioksida di udara dan bahan-bahan pencemaran di perairan dan pantai,” tutur Augustinus.

Danlanal menambahkan, secara geologi pohon mangrove bermanfaat sebagai tempat hidup mencari makan bagi biota laut seperti ikan, undang dan lain-lain. Selain itu mangrove juga berfungsi sebagai pertahanan negara yaitu sebagai tempat penghambat dan berlindung untuk mempertahankan wilayah daratan terhadap pihak yang tidak bertanggung jawab yang akan merusak NKRI.

Kepulauan Talaud sendiri adalah daerah yang langsung berhadapan dengan samudera pasifik dan salah satu desa yang paling berhadapan adalah Desa Alo.

“Desa Alo merupakan salah satu wilayah yang rawan terkena dampak dari perubahan permukaan air laut secara vertikal akibat gempa bumi yang berpusat di bawah laut, sehingga berdampak terjadinya abrasi pantai,” jelasnya.

Terkait kerawanan tersebut Danlanal Melonguane memandang perlunya perlindungan pantai sebagai upaya pambangunan pantai dengan melestarikan tanaman mangrove.

Lihat juga video '​Koarmada II Gelar Vaksinasi Massal 20 ribu Dosis di Nganjuk':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO