Selasa, 23 Juli 2019 02:58

Kunjungan Kerja ke Jawa Timur, Presiden Jokowi Bagikan 3.200 Sertifikat Tanah di Gresik

Kamis, 20 Juni 2019 18:37 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: M. Syuhud Almanfaluty, M. Didi Rosadi
Kunjungan Kerja ke Jawa Timur, Presiden Jokowi Bagikan 3.200 Sertifikat Tanah di Gresik
Presiden menyerahkan sebanyak 3.200 sertifikat hak atas tanah untuk rakyat yang dipusatkan di GOR Tridharma Petrokimia Gresik, Kabupaten Gresik. Dalam kegiatan itu, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa ikut mendampingi Presiden. foto: ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo Kamis (20/6) pagi tadi bertolak dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta menuju Bandar Udara Internasional Juanda, Kabupaten Sidoarjo, Provinsi Jawa Timur.

Dalam kunjungan kerja kali ini, Kepala Negara bersama rombongan lepas landas dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 pada pukul 07.45 WIB.

Di Jawa Timur, Presiden menyerahkan sebanyak 3.200 sertifikat hak atas tanah untuk rakyat yang dipusatkan di GOR Tridharma Petrokimia Gresik, Kabupaten Gresik. Dalam kegiatan itu, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa ikut mendampingi Presiden.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi mengungkapkan saat ini di seluruh Indonesia masih terdapat kurang lebih 126 juta bidang tanah yang harusnya bersertifikat. Namun hingga tahun 2015, baru sebanyak 46 juta bidang tanah yang memiliki bukti hak kepemilikan.

"Bayangkan, 80 juta bidang tanah yang belum. Berarti bapak dan ibu sekalian yang pegang sertifikat hari ini sangat beruntung, Alhamdulillah," kata Jokowi di hadapan ribuan penerima sertifikat.

Menurut Presiden, bahwa di Gresik ada kurang lebih 775.514 bidang tanah. Dari jumlah tersebut sebanyak 341.606 sudah terdaftar dan memiliki sertifikat.

Sementara untuk ratusan ribu bidang tanah yang belum bersertifikat di Gresik, pemerintah menargetkan pada tahun 2024 kelak seluruh bidang tanah telah bersertifikat. "Tadi sudah dijanjikan Pak Menteri BPN, Gresik 2024 semuanya selesai. Pak Menteri yang janji, saya, dan bapak, ibu tinggal menagih janjinya. Sekarang, menteri kalau kerja itu pakai target," jelasnya.

Demikian halnya, tambah Jokowi, bidang tanah di seluruh Indonesia. Ia menyatakan, bahwa dirinya memiliki target untuk menjadikan seluruh rakyat Indonesia memiliki tanda bukti hukum dan kepemilikan atas tanah atau lahan masing-masing. "Target kita 2025 seluruh Indonesia yang namanya sertifikat ini insyaallah rampung," pungkasnya.

Sementara Bupati Gresik Sambari Halim Radianto usai mendampingi Presiden Joko Widodo mengatakan, bahwa program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) sangat membantu dan berdampak positif bagi masyarakat, khususnya masyarakat di Kabupaten Gresik.

Ia optimis, apa yang dikatakan Presiden Joko Widodo terhadap program PTSL dapat mencapai target sesuai dengan apa yang diharapkan. "Sehingga seluruh masyarakat Gresik memiliki bukti hukum yang sah terkait kepemilikan hak atas tanah," katanya.

Sebelumnya, Presiden dan Ibu Iriana telah menghadiri akad nikah putri dari Rais Am PBNU K.H. Miftachul Akhyar Abdul Ghoni dengan putra dari K.H. Ali Ridho yang dilaksanakan di Aula Pondok Pesantren Miftachus Sunnah, Surabaya.

Presiden bersama rombongan akan langsung kembali ke Jakarta pada siang hari. Turut menyertai Presiden dan Ibu Iriana dalam penerbangan menuju Provinsi Jawa Timur, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Sofyan Djalil, dan Komandan Paspampres Mayjen TNI Maruli Simanjuntak. (hud/mdr/ian)

Kamis, 11 Juli 2019 16:29 WIB
YOGYAKARTA, BANGSAONLINE.com - Siapa pun pasti tersenyum membaca nama tempat wisata ini. Maklum, identik alat vital wanita: “Tempik Gundul” yang artinya alat vital wanita tanpa bulu. Apalagi tulisan yang beredar di media sosial (medsos) juga d...
Minggu, 14 Juli 2019 13:13 WIB
Oleh: Dr. KH. M. Cholil NafisBaru saja, Kamis (12/7) saya berpartisipasi dalam kegiatan Bussiness Matching The 1st Pasific Exposition yang berlangsung pada 11 s.d. 14 Juli 2019 di Auckland, Selandia Baru.Pacific Exposition merupakan salah satu kontri...
Kamis, 18 Juli 2019 13:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag57. Ulaa-ika alladziina yad’uuna yabtaghuuna ilaa rabbihimu alwasiilata ayyuhum aqrabu wayarjuuna rahmatahu wayakhaafuuna ‘adzaabahu inna ‘adzaaba rabbika kaana mahtsuuraanOrang-orang yang mereka seru itu, ...
Sabtu, 29 Juni 2019 14:36 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...