Pemkab Pasuruan Klaim Sudah Dropping 500 Jamban

Pemkab Pasuruan Klaim Sudah Dropping 500 Jamban Ilustrasi

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Untuk mengurangi kebiasan masyarakat BAB sembarangan, kembali mengalokasikan anggaran untuk pemberian bantuan jamban kepada masyarakat berpenghasilan rendah. Ada sekitar 3.000 KK sasaran program yang tersebar di 24 Kecamatan.

Menurut keterangan Kepala Bidang Pengembangan Air Bersih dan Limbah Lingkungan Permukiman Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Ichwan Adi yang ditemui BANGSAONLINE.com, bahwa program ini sesuai dengan digagas oleh pemerintah pusat. Yakni, untuk menyediakan sarana lingkungan yang bersih, dengan membantu masyarakat agar memiliki WC yang layak.

"Sehingga masyarakat tidak buang air sembarangan, Jika masyarakat BAB di sungai, maka berdampak pada kesehatan anak-anak seperti diare dan gatal-gatal," jelasnya.

Untuk tahun 2019 ini, lanjut Ichwan, pihaknya sudah melakukan dropping jamban kepada 500 KK penerima bantuan. Pelaksanaan pembangunan tersebut tidak ditangani oleh rekanan atau Dinas, akan tetapi swakelola masyarakat atau penerima program. Dim ana untuk pengadaan material jamban dari Disperkim, sedangkan untuk ongkos pemasangan atau upah kerja bersumber dari ADD.

"Kegiatan prgram jamban rencana akan dilaksanakan di 37 desa di 16 kecamatan. Agar pelaksanaan kegiatan berjalan dengan lancar, kami dibantu oleh beberapa pendamping. Mereka membantu kegiatan pelaksanaan teknis, contohnya di Desa Sambirejo Kecamatan Rejoso ada 150 KK (yang mendapat bantuan), Desa Gajahrejo Kecamatan Purwodadi 169 KK, serta Desa Wonosari Kecamatan Wonorejo 129 KK. (bib/par)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO