Satpol PP Trenggalek Bongkar Paksa 6 Kios di Pasar Pon

Satpol PP Trenggalek Bongkar Paksa 6 Kios di Pasar Pon Alat berat saat merobohkan kios-kios di Pasar Pon Trenggalek. foto: HERMAN S/ BANGSAONLINE

TRENGGALEK, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 6 kios yang di Pasar Pon Trenggalek dibongkar paksa oleh petugas Satpol PP Trenggalek dengan menggunakan alat berat, Senin (17/6).

Menurut Kasatpol PP Trenggalek Ulang Setyadi, pembongkaran 6 kios tersebut terpaksa dilakukan karena para pemilik tak mengindahkan surat teguran berkali-kali yang diberikan petugas.

"Seharusnya sudah sejak beberapa waktu yang lalu kami eksekusi ini. Namun karena ada beberapa pertimbangan termasuk pertimbangan dari sisi kemanusian, itu kita beri waktu. Dan hari ini sudah tidak ada toleransi karena kita sudah memberi waktu yang cukup," kata Ulang ketika dikonfirmasi di sela-sela eksekusi pembongkaran 6 kios di Pasar Pon Trenggalek, Senin (17/6).

Menurut Ulang, pembongkaran paksa terhadap kios-kios tersebut merupakan risiko sang pemilik, apalagi bila di dalamnya terdapat beberapa barang berharga yang rusak akibat pembongkaran hari ini.

Ulang menilai para pemilik kios ini tidak memiliki itikad baik untuk membongkar kiosnya sendiri. Padahal beberapa bulan sebelumnya pihaknya dan Dinas Koperindag telah berkali-kali mengingatkan agar para pemilik kios segera pindah dan melakukan pembongkaran secara mandiri.

"Nanti kalau ternyata (ada beberapa barang milik pedagang) ada yang rusak, maka jangan salahkan kami. Karena kami telah memberikan waktu yang cukup untuk melakukan pembongkaran secara mandiri," tegasnya.

Ia menyampaikan telah memberikan tenggat waktu tiga bulan lebih agar para pemilik kios melakukan pembongkaran secara mandiri. Namun faktanya sampai batas waktu yang diberikan, para pemilik tak kunjung membongkar kiosnya.

"Jadi setelah adanya tulisan "kios ini harus dikosongkan" yang dibuat oleh Dinas Koperindag, kami yang ngawal. Setiap hari, pagi, sore, selalu kami peringatkan tapi yang bersangkutan masih seperti ini," sesalnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO