Sabtu, 15 Mei 2021 18:13

Wisata Keluarga di Jogja, Ini Pantai Cantik yang Cocok untuk Anak

Rabu, 12 Juni 2019 16:10 WIB
Editor: Redaksi
Wisata Keluarga di Jogja, Ini Pantai Cantik yang Cocok untuk Anak
Naik andong di Pantai Parangtritis. foto: Rusdi Gunawan/Trekearth

YOGYAKARTA, BANGSAONLINE.com - Setelah jalur lintas selatan Jogja dibuka, banyak pantai-pantai yang terbuka aksesnya untuk umum. Sebelumnya, keterbatasan akses membuat banyak pantai cantik ini nyaris tak terjamah oleh manusia. Namun sekarang banyak pantai yang bisa didatangi dan jalurnya mudah untuk kendaraan jenis apapun.

Tetapi tak semua pantai di Jogja ramah untuk anak dan keluarga. Ada sebagian yang memiliki ombak terlalu besar sehingga cukup rawan jika membawa anak-anak. Jika berniat liburan ke pantai di Jogja dengan membawa anak, berikut ini adalah beberapa rekomendasi yang bisa dipilih. Sambar tiket bus Jakarta Jogja kamu sekarang dan simak info pantai yang bisa kamu kunjungi berikut ini.

1. Main Pasir Putih di Pantai Indrayanti

Bisa dibilang, Pantai Indrayanti adalah salah satu yang terbaik di Jogja. Pasir di pantai ini putih bersih, dengan ombak yang cukup bersahabat di siang hari. Pasir pantainya cukup luas, dengan warung-warung yang tersebar di tepinya. Anak-anak bisa bermain pasir sampai puas, tentunya dengan pengawasan orangtua.

BACA JUGA : 

Jasa Marga Gelar Program Budi Daya Kelengkeng dan Pengembangan Desa Wisata Agrotech di Kulon Progo

Komitmen Kembangkan Wisata, Bupati Lamongan Launching Kawasan Bahagia Taman Mahoni

​Setigi, Wisata Desa Miliarder Gresik, Raih Berbagai Penghargaan Internasional sekelas Borobudur

Berendam di Pemandian Air Hangat Singgahan, Cocok untuk Hilangkan Pegal-pegal

Ketika senja tiba, ajaklah anak naik ke bukit yang ada di sisi kanan dan kiri pantai. Dari puncak bukit karang, sinar matahari senja tampak sangat memesona. Cocok untuk jadi latar belakang foto keluarga sebagai kenang-kenangan di Indrayanti.

2. Naik Andong di Pantai Parangtritis

Memiliki bentangan pasir yang luas dan panjang, banyak hal seru yang bisa dilakukan di Pantai Parangtritis. Salah satunya adalah naik andong di atas pasir dengan deburan ombak yang menyapu rodanya. Di sisi barat pantai ini, terdapat Gumuk Pasir yang seru buat main bareng anak.

Berbeda dengan Pantai Indrayanti yang berpasir putih, Parangtritis berpasir hitam karena sisa aktivitas vulkanik Gunung Merapi yang terbawa sungai hingga ke tepi pantai. Pemandangan senja di sini pun tak kalah cantik dari pantai lain, dengan nuansa magis yang hanya akan kamu dapatkan di Parangtritis.

3. Santai di Sungai Pantai Baron

Satu hal yang menarik di Pantai Baron dibandingkan tempat lainnya adalah muara sungai yang berada di sana. Muara sungai ini menjadi tempat yang aman untuk bermain air bersama anak, tentunya dengan pengawasan penuh. Di tepian pantainya tersedia payung-payung yang bisa disewa sebagai tempat berteduh. Sembari menunggu anak-anak bermain, orangtua juga bisa bersantai sambil menikmati kuliner khas laut di sini.

4. Karang Membentang di Pantai Kukup

Masih di wilayah Gunung Kidul, Jogja, tak jauh dari Pantai Baron ada pantai yang tak kalah cantiknya bernama Pantai Kukup. Pantai ini memiliki hamparan pasir yang lebih bersih dan luas dibandingkan dengan Baron. Ketika air surut, karang-karang di tepi laut menjadi pemandangan indah yang tentu sayang jika dilewatkan.

Di sini anak-anak bisa melihat secara langsung kerang yang bertebaran di tepi pantai. Mereka juga bisa mengenal gardu pandang yang dibangun di sekitar kawasan pantai ini dan menjelaskan fungsinya kepada anak-anak.

5. Main Layang-layang di Pantai Sepanjang

Ingin bermain layang-layang di pantai seperti di Bali? Kamu juga bisa melakukannya di Jogja, tepatnya di Pantai Sepanjang. Hamparan pasir putih yang membentang memanjang membuat pantai ini dinamakan Sepanjang dan cocok untuk bermain layangan. Ketika musim kemarau tiba, aneka layang-layang terbang di atas pantai dan membuat kawasan ini jadi sangat cantik.

Masih ada banyak pantai lain yang layak untuk dikunjungi di Jogja. Dapatkan tiket bus Jakarta Jogja sekarang juga dan nikmati liburan seru bersama keluarga. Dengan kecanggihan teknologi, tak perlu lagi pergi ke terminal untuk membeli tiket bus, karena semua sudah bisa dibeli di aplikasi Traveloka.

Artis Greta Garbo Ajak Nikah ​Albert Einstein
Rabu, 12 Mei 2021 04:07 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan episode 30 mereview cerita Gus Dur tentang fisikawan Albert Eintein dan model cantik Greta Garbo. “Anekdot ini saya ambil dari buku berjudul Gus Dur hanya Kalah dengan Orang Madura,...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Sabtu, 15 Mei 2021 09:10 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kerusuhan 13 Mei 1998 terus diperingati oleh masyarakat Tionghoa di Indonesia. Korban aksi anarkis itu sebagian memang etnis Tionghoa.Uniknya, mereka memperingati dengan menyajikan rujak pare dan sambal jombrang. Apa...
Kamis, 13 Mei 2021 19:51 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*61. falammaa balaghaa majma’a baynihimaa nasiyaa huutahumaa faittakhadza sabiilahu fii albahri sarabaanMaka ketika mereka sampai ke pertemuan dua laut itu, mereka lupa ikannya, lalu (ikan) itu melompat mengamb...
Jumat, 14 Mei 2021 10:11 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Won...