Senin, 19 Agustus 2019 07:23

Polda Jatim Kembali Amankan 3 Dari Sisa 18 DPO Kasus Pembakaran Mapolsek Tambelangan

Rabu, 12 Juni 2019 15:28 WIB
Editor: Abdurrahman Ubaidah
Wartawan: Anatasia Novarina
Polda Jatim Kembali Amankan 3 Dari Sisa 18 DPO Kasus Pembakaran Mapolsek Tambelangan
Tiga DPO pembakaran Mapolsek Tambelangan yang kini telah ditetapkan sebagai tersangka.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Polda Jatim kembali mengamankan 3 orang dari sisa 18 DPO dalam kasus pembakaran Mapolsek Tambelangan, Sampang, Madura. Ketiga tersangka tersebut Satiri (42) warga Lonjukung, Desa Samaran, Tambelangan, Sampang; H. Abdul Rohim (49) warga desa Lonjukung, Kecamatan Tambelangan, Sampang; dan Bukhori (33) warga Desa Samaran, Tambelangan.

"Dari enam yang sudah dilakukan penahanan, kita mendapatkan lagi tiga," ungkap Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol. F. Barung Mangera saat merilis tiga DPO di Mapolda Jatim, Rabu (12/6).

Menurut Barung, saat ini surat penahan untuk ketiga tersangka ini sudah terbit, sehingga saat ini total yang sudah ditahan ada 9 orang. "Dari tiga orang yang dilakukan penahanan, 2 orang menyerahkan diri, kita lakukan penahanan juga, pada kemarin surat penahanan juga sudah keluar," ungkapnya.

"Total yang sudah dilakukan pada hari ini ada 9 tersangka perusakan dan pembakaran penjarahan di Mapolsek Tambelangan Sampang," imbuh Barung. 

Sementara Kasubdit Kamneg Ditreskrimum Polda Jatim AKBP Suruono menambahkan, dari 21 Daftar Pencarian Orang (DPO), saat ini masih ada 13 orang lagi yang masih diburu. "Kita masih mencari (13 DPO, red), sedangkan jumlah saksi-saksi yang sudah diperiksa sebanyak 31 orang," kata Suryono.

Suryono mengatakan, bahwa peran 3 orang ini sebagai pelempar batu di Mapolsek Tambelangan. "Peran dari tiga pelaku ini sama dengan tersangka sebelumnya, ikut melakukan pelemparan menggunakan batu-batu ke arah Polsek Tambelangan," jelasnya.

Tersangka Abdul dan Satiri dikenakan pasal komulatif yaitu Pasal 200, 170, 187, 363 KUHP. Sementara Bukhori dikenakan Pasal 55 KUHP. Dengan ditangkapnya tiga tersangka ini, Polda Jatim telah menetapkan tersangka pembakaran Mapolsek Tambelangan sebanyak 9 orang.

Sementara menurut pengakuan tersangka Satiri, dirinya hanya ikut-ikutan melakukan perusakan Mapolsek Tambelangan. "Awalnya saya mendengar suara letusan, dan ikut-ikutan saja," tutur Satiri. (ana/dur)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Jumat, 09 Agustus 2019 19:52 WIB
KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Kediri memiliki destinasi wisata baru bernama Dewi Cemara. Obyek wisata berbasis pertanian dan peternakan di Desa Kedung Malang, Kecamatan Papar, Kabupaten Kediri ini telah diresmikan oleh Gubernur Jawa Timur...
Minggu, 11 Agustus 2019 17:36 WIB
Oleh: Em Mas’ud AdnanPeta politik Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Kota Surabaya kembali berubah. Awalnya ada tiga kekuatan kubu politik di internal PDIP Kota Surabaya. Kubu Wihsnu Sakti Buana (wakil wali kota Surabaya), Bambang...
Senin, 19 Agustus 2019 01:09 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag58. wa-in min qaryatin illaa nahnu muhlikuuhaa qabla yawmi alqiyaamati aw mu’adzdzibuuhaa ‘adzaaban syadiidan kaana dzaalika fii alkitaabi masthuuraanDan tidak ada suatu negeri pun (yang durhaka penduduk...
Sabtu, 17 Agustus 2019 11:29 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...