Senin, 24 Juni 2019 16:47

Kalah Saingan dengan Online Shop, Omzet Pedagang di Pasar Minulyo Pacitan Menurun

Minggu, 09 Juni 2019 22:13 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Yuniardi Sutondo
Kalah Saingan dengan Online Shop, Omzet Pedagang di Pasar Minulyo Pacitan Menurun
Adping Triyadi, salah seorang pedagang konveksi di pasar Minulyo Pacitan. foto: YUNIARDI SUTONDO/ BANGSAONLINE

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Sejumlah pedagang di pasar tradisional Minulyo Pacitan mengeluh lantaran omzet mereka menurun drastis saat bulan Ramadhan lalu hingga momen Lebaran. Bahkan tak sedikit dari mereka yang mengaku kehilangan omzet pada musim lebaran tahun ini, hampir 50 persen lebih.

Hal tersebut seperti disampaikan Sumiati, salah seorang pedagang makanan di pasar Minulyo, Minggu (9/6). "Jauh menurun dibandingkan lebaran tahun-tahun sebelumnya," ujarnya.

Menurut dia, penurunan omzet pedagang tradisional di pasar Minulyo dipengaruhi kehadiran online shop yang sekarang ini sangat masif dikenal masyarakat. Bahkan kata dia, untuk membeli kue lebaran saja, masyarakat memanfaatkan jasa online shop.

"Imbasnya memang cukup besar. Kami yang pedagang konvensional di pasar sangat merasakan sekali. Momen lebaran yang mestinya menjadi pundi rezeki, namun kesempatan itu hilang gara-gara masifnya toko online," jelasnya.

Hal senada juga disampaikan Adping Triyadi, pedagang konveksi di pasar Minulyo. Ia mengaku omzet penjualannya juga menurun cukup signifikan dibandingkan lebaran sebelumnya. Hanya saja ia beralasan, kasus tersebut lebih dipengaruhi kehadiran pasar malam yang diselenggarakan di lapangan AURI lingkungan Barean Kelurahan Sidoharjo Kecamatan Pacitan, sejak awal Ramadan lalu.

"Mereka para pedagang keliling dari luar daerah yang sudah punya pengalaman tinggi soal berdagang. Ini yang memengaruhi omzet pedagang di pasar menurun drastis," ungkapnya.

Karena itu dalam waktu dekat ini, perwakilan pedagang pasar Minulyo akan mendatangi penanggung jawab lapangan AURI guna menyampaikan keluh-kesah. "Bukannya kami melarang, namun momennya yang tidak pas. Momen puasa dan lebaran sangat kami nantikan, dengan harapan omzet meningkat. Kalau bisa pasar malam itu diselenggarakan saat momen HUT Kemerdekaan saja. Sehingga kami pedagang lokal lebih bisa berdaya," harapnya. (yun/rev)

Senin, 24 Juni 2019 12:08 WIB
TRENGGALEK, BANGSAONLINE.com - Novita Hardiny, istri dari Bupati Trenggalek Moh. Nur Arifin menegaskan kebersihan di kawasan wisata merupakan hal yang harus dijaga, baik oleh pemerintah, masyarakat, termasuk pengunjung wisata itu sendiri.Perny...
Jumat, 31 Mei 2019 21:16 WIB
Penulis: Nabrisi Rohid*Tahapan Pemilu 2019 sudah berjalan lebih dari setahun. Pada 21 Mei 2019 dini hari, KPU telah menetapkan pemenang dalam Pemilu tahun ini. Setelah itu, muncullah berbagai gerakan untuk menolak hasil Pemilu. Gerakan tersebut dikem...
Sabtu, 22 Juni 2019 17:29 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag54. Rabbukum a’lamu bikum in yasya' yarhamkum aw in yasya' yu’adzdzibkum wamaa arsalnaaka ‘alayhim wakiilaanTuhanmu lebih mengetahui tentang kamu. Jika Dia menghendaki, niscaya Dia akan memberi rahmat kepad...
Sabtu, 22 Juni 2019 13:55 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<...