Sidoarjo Enam Kali Raih WTP, Bupati Saiful: Ini Jadi Tantangan Tersendiri

Sidoarjo Enam Kali Raih WTP, Bupati Saiful: Ini Jadi Tantangan Tersendiri PRESTASI: Bupati Saiful Ilah saat menerima predikat opini WTP dari BPK Perwakilan Jatim, Kamis (23/5). foto: ist

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Untuk keenam kalinya, meraih predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) terkait Laporan Keuangan Daerah Tahun Anggaran 2018.

Opini WTP ini diberikan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI dan diserahkan kepada Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah, di Kantor BPK perwakilan Jatim, Kamis (23/5).

Bupati Saiful Ilah menyatakan, prestasi WTP ini sekaligus menjadi tantangan tersendiri bagi Sidoarjo. Sebab, auditor BPK bakal menerapkan standar audit lebih tinggi kepada daerah yang berhasil mempertahankan WTP berulangkali.

Terkait sejumlah catatan, bupati mengajak semua OPD untuk memperbaikinya. “Catatannya tidak banyak, melainkan seputar pencatatan nilai aset dan catatan kecil lain. Setelah ini, langsung diselesaikan bersama,” tandasnya.

Bupati menyebut, opini WTP ini, pencapaian kinerja bersama seluruh OPD, yang berkomitmen membuat pelaporan keuangan yang sistemable dan tertib aturan. Sehingga seluruh kegiatan pemerintahan, bisa dipertanggungjawabkan.

Kepala BPK Perwakilan Jatim, Hari Purwaka mengapresiasi yang berhasil mempertahankan predikat opini WTP enam kali berturut-turut. Meski begitu, Hari menyebut, ada catatan sedikit yang perlu dibenahi.

Selain itu, beberapa perhitungan aset dan beban penyusutan juga belum akurat. BPK berharap aplikasi penghitungan penyusutan yang selama ini digunakan disesuaikan dengan standar perhitungan pemerintah.

"Temuan BPK terkait persoalan aset terjadi di semua pemkab/pemkot di wilayah Jatim. Pencatatan aset menjadi perhatian BPK untuk ditindaklanjuti pemkab/pemkot,” tandas Hari.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Sidoarjo, Noer Rochmawati menegaskan pihaknya akan segera memperbaiki beberapa catatan dari BPK. Meski tidak banyak, catatan itu harus segera ditindaklanjuti. (sta/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO