Selasa, 19 November 2019 17:19

Awas, Ada Akun Facebook Wakil Ketua DPRD Pasuruan Gadungan Minta Pulsa

Selasa, 14 Mei 2019 21:24 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Ahmad Fuad
Awas, Ada Akun Facebook Wakil Ketua DPRD Pasuruan Gadungan Minta Pulsa
Bukti pesan yang dikirimkan Sutar gadungan ke Ahmad Fuad, wartawan HARIAN BANGSA.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Sebuah akun Facebook yang mengaku sebagai Ir. H. Sutar, Wakil Ketua DPRD Kab. Pasuruan yang juga Sekretaris DPC PDIP Pasuruan, digunakan untuk alat penipuan. Modusnya, akun tersebut mengirim pesan untuk meminta pulsa.

Pesan itu salah satunya dikirim ke Fuad Conk, wartawan HARIAN BANGSA. Fuad lantas menceritakan kronologi percobaan penipuan tersebut. Awalnya, ia mendapat permintaan pertemanan Facebook dari akun atas nama Ir. Sutar. Setelah dikonfirmasi, selang beberapa menit akun tersebut mengirim pesan.

"Assalamu alaikum, dmn skrg mas," tanya akun tersebut. 

"Di kantor DPR Pak Sek," jawab Fuad Conk dengan panggilan akrab kepada Sekretaris PDIP tersebut. 

"Mas, saya sekarang sedang rapat. Boleh minta tolong Isikan pulza gak 100 ribu aja, nanti saya ganti," lanjut akun Ir. Sutar tersebut.

Mendapati permintaan tersebut, Fuad curiga. "Masak sekelas Wakil Ketua DPRD Kab. Pasuruan minta pulsa kepada teman media," ujar Fuad yang kemudian melanjutkan pembicaraan.

"Saya belum punya nomer jenengan pak sek," jawab Fuad. 

Kemudian Ir. Sutar membalas "Kirim ke nomer yang satunya ini aja ya 081275559658," balas Sutar. 

Fuad kemudian berinisiatif menanyakan nomor Sutar yang asli kepada tetangganya, yang kebetulan juga seorang wartawan. Setelah dicocokkan, ternyata nomor Sutar yang asli dengan yang diberikan di Facebook berbeda.

BANGSAONLINE.com kemudian melakukan konfirmasi ke Sutar soal permintaan pulsa tersebut. "Maaf mas bukan saya," singkatnya melaui WhatsApp.

Sutar lantas berpesan agar jika ada akun yang mengatasnamakan dirinya minta pertemanan, untuk tidak dikonfirmasi atau ditolak.

Sutar juga mengatakan akan melaporkan kejadian tersebut kepada pihak yang berwajib, karena menurutnya hal itu mencatut nama baiknya. "Saya akan segera laporkan kejadian itu, supaya yang bersangkutan ketemu dan saya proses melalui hukum," pungkas Sutar. (afa/rev)

Badai Kembali Terjang Ngawi, Panggung dan Tenda untuk Lomba Panahan di Alun-alun Porak Poranda
Sabtu, 09 November 2019 00:05 WIB
NGAWI, BANGSAONLINE.com - Hujan disertai angin kencang kembali memporak-porandakan Kabupaten Ngawi, Jumat (8/11) sore. Kali ini badai angin menerjang wilayah alun-alun dan sekitarnya, yang kebetulan sedang digelar lomba panahan....
Jumat, 15 November 2019 23:45 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Wisata Budaya Taneyan Lanjhang yang terletak di Dusun Buddagan I Desa Larangan Luar Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan semakin diminati wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia. Taneyan Lanjhang merupakan rum...
Rabu, 06 November 2019 12:44 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan*Para elit NU struktural tak bisa menyembunyikan kekecewaannya ketika Presiden Joko Widodo mengumumkan susunan Kabinet Indonesia Maju pada 23 Oktober 2019 lalu. Kekecewaan itu dieskpresikan secara terbuka oleh Wakil Ketua PB...
Senin, 18 November 2019 12:31 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*71. Yawma nad’uu kulla unaasin bi-imaamihim faman uutiya kitaabahu biyamiinihi faulaa-ika yaqrauuna kitaabahum walaa yuzhlamuuna fatiilaan.(Ingatlah), pada hari (ketika) Kami panggil setiap umat dengan pemimpi...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...