Wabup Tuban Ajak Masyarakat Pahami Kesetaraan Gender

Wabup Tuban Ajak Masyarakat Pahami Kesetaraan Gender Wakil Bupati Tuban Noor Nahar Husein menyalami pemimpin upacara.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Wakil Bupati Tuban Noor Nahar Husein mengajak seluruh masyarakat bumi wali agar bisa memahami kesetaraan gender. Hal itu diungkapkan wabup saat menjadi inspektur upacara di dan Hari Otonomi Daerah di halaman pemkab setempat, Kamis (25/4).

Sesuai tema yang diambil, "Perkuat Advokasi dan Aksi Nyata untuk Peningkatan Kualitas Pendidikan”, ia menegaskan perempuan perlu memiliki kemampuan dan kapasitas dalam membentuk karakter bangsa.

"Bahkan, perempuan harus mampu berfungsi sebagai istri yang baik dan menjadi pendukung suami setia. Inilah sejatinya tugas seorang perempuan," pesan Ketua DPC PKB Tuban ini.

Menurut pria yang juga pernah menjabat Ketua PCNU Tuban itu, bahwa di era digital ini perempuan juga harus mampu berperan sebagai ibu yang mendidik dan membesarkan putra putrinya yang berkepribadian, berkualitas, dan berakhlak mulia. Sebab nantinya, mereka lah yang menjadi generasi penerus bangsa.

"Saat ini perlu adanya edukasi kepada masyarakat terkait konsep gender dengan tepat. Kesetaraan gender mengacu pada kesetaraan hak, tanggung jawab, kesempatan, perlakuan, dan penilaian atas perempuan dan laki-laki dalam kehidupan ataupun di tempat kerja. Kesetaraan gender adalah kebebasan memilih peluang-peluang yang diinginkan tanpa ada tekanan dari pihak lain. Seperti, kedudukan dan kesempatan yang sama dalam pengambilan keputusan dan dalam memperoleh manfaat dari lingkungan," urainya.

"Maka dari itu, marilah kita menjaga makna kesetaraan gender. Sehingga, laki-laki dan perempuan bisa sama-sama berkiprah dengan tetap mengindahkan dan adaptif terhadap kondisi obyektif masyarakat yang ada," beber wabup kelahiran Kecamatan Rengel ini. (gun/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO