Polres Pacitan Gelar Gladi Pengamanan Pemilu

Polres Pacitan Gelar Gladi Pengamanan Pemilu Kegiatan gelar gladi pengamanan Pemilu di alun-alun Pacitan.

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Jajaran Polres Pacitan terus melakukan persiapan sistem pengamanan menjelang pesta demokrasi, 17 April mendatang. Salah satunya dengan menggelar gladi lapang sispam kota dalam rangka pengamanan pemilu 2019. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Alun-alun Kota Pacitan, Kamis (11/4).

"Hari ini kita dapat melaksanakan apel kesiapan dalam rangka gladi lapangan Sistem Pengamanan Kota dalam rangka Pengamanan Pemilu Tahun 2019 dengan aman dan lancar. Latihan ini sebagai media mengecek kesiapan personil Polri/TNI beserta instansi terkait dan kelengkapannya, sebelum diterjunkan ke lapangan," kata AKBP Sugandi, Kapolres Pacitan.

Melalui latihan gladi sispamkota ini diharapkan, rencana operasi yang telah dipersiapkan dengan matang dapat diimplementasikan secara baik dan benar pada saat bertugas di lapangan. Sehingga pelaksanaan pemilu di wilayah hukum Polres Paciran dapat berjalan aman, nyaman, dan kondusif.

"Tujuan dari kegiatan ini memberi gambaran tentang perkiraan ancaman tiap tahapan pada rangkaian pengamanan Pemilu. Dan memberikan pencerahan kepada aparat pengamanan tentang tata cara penanganan semua permasalahan," jelasnya.

Sementara itu, kegiatan latihan hari ini akan segera dipraktikkan, yaitu pengawalan pendistribusian logistik pemilu dari KPU ke PPK yang waktu pelaksanaannya sampai malam nanti. "Kegiatan tersebut harus dilakukan pengamanan ekstra ketat. Apabila ada gangguan-gangguan, Polri harus tetap di luar TPS, kecuali sudah ada permintaan dari penyelenggara, baru ke sasaran. Dan, apabila ada gangguan, TNI siap mem-back up. Perlu ditekankan kepada anggota pengamanan Pemilu agar tetap bersikap netral, betul-betul menguasai tugas, serta mampu mengambil keputusan yang tepat, guna meminimalisir permasalahan yang mungkin akan timbul, Semoga kegiatan Pemilu tahun 2019 berjalan aman, jujur, dan tertib," harap Kapolres Sugandi.

Sementara itu kegiatan tersebut melibatkan sekitar 450 personil dari Polri, TNI, dan instansi terkait. Hadir pada kesempatan tersebut Wabup Pacitan Yudi Sumbogo, Ketua DPRD Ronny Wahyono, Ketua KPU Damhudi, Ketua Bawaslu Berty Stevanus, dan Dandim 0801 Letkol (kav) Aristoteles Hekeng Nusa Lawitang, serta unsur muspida. (yun/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO