Minggu, 15 September 2019 20:18

Sebut Dewan Minta Sogokan untuk Pengesahan APBD, Bupati Jember Terancam Dipolisikan

Rabu, 10 April 2019 19:27 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Yudi Indrawan
Sebut Dewan Minta Sogokan untuk Pengesahan APBD, Bupati Jember Terancam Dipolisikan
Faida, Bupati Jember. foto: Tribunnews

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Ucapan Bupati Jember Faida yang mengatakan 50 orang anggota dewan meminta imbalan atau sogokan untuk pengesahan APBD viral di media sosial. Akibat ucapan bupati tersebut, Fraksi Kebangkitan Bangsa (FKB) DPRD Jember akan melaporkan bupati ke polisi.

Wakil Ketua DPRD Jember, Ayub Junaedi, meminta agar Bupati Faida mencabut dan mengklarifikasi ucapannya itu. "Apabila tidak ada tanggapan, maka kasus tersebut berlanjut ke persoalan hukum," tegasnya.

Ayub menyampaikan, bahwa pernyataan Bupati Faida itu disampaikan dalam suatu acara pertemuan. Dalam kesempatan itu, Faida mengatakan bahwa dirinya selalu ribut dengan 50 orang anggota dewan.

"Masak untuk meloloskan atau memperlancar APBD kita harus mengeluarkan dana. Nah kalau dibilang 50 orang, 8 di antaranya kan anggota Fraksi Kebangkitan Bangsa," ungkap Ayub saat ditemui di kantornya, Rabu (10/4).

"Kami selaku dari anggota FKB Jember, meminta kepada bupati untuk membuktikan ucapannya. Tunjukkan siapa orangnya? Di mana dan kapan waktunya (suap) itu, kemudian katakan apa yang diminta?," jelasnya.

"Kami berharap, agar bupati benar-benar membuktikan tuduhannya itu. Jika tidak, maka kami dari FKB akan membawa persoalan ini ke pihak berwajib. Karena patut diduga adanya Contemph of Parliament, atau dugaan pencemaran nama baik. “Ini akan kami bawa ke polisi, karena merupakan pencemaran nama baik jika tidak terbukti,” tegasnya.

Ayub pun mengingatkan, penyebab alotnya pengesahan APBD beberapa waktu lalu, akibat tidak ada kesepahaman antara Bupati dan DPRD. “Di mana pada saat itu, DPRD minta adanya kenaikan honor GTT, anggaran pertanian, dan Infrastruktur, dengan memangkas anggaran kegiatan yang tidak jelas outputnya seperti kongres-kongres, dan anggaran mamin senilai Rp 35 miliar, yang tidak pernah ada dalam RPJMD,” jelasnya.

Diketahui sebelumnya, sempat viral video Bupati Jember Faida dalam sebuah pertemuan dengan kelompok masyarakat. Diketahui dalam video tersebut. Bupati memberikan sambutan dengan mengatakan, dirinya selama ini selalu ribut dengan seluruh anggota dewan karena memang tidak mau memberikan sogokan untuk pengesahan APBD. Oleh karena itu, Faida minta masyarakat tidak memilih lagi anggota dewan yang memberikan sejumlah uang, karena bisa dipastikan jika terpilih mereka juga akan melakukan korupsi.

Sementara itu, Bupati Jember Faida masih belum bisa dikonfirmasi. Saat dihubungi via selulernya selalu terdengar nada sibuk. Sementara saat dikirim pesan singkat melalui WhatsApp, juga tak kunjung dijawab meski tampak sudah dibaca. (jbr1/yud/rev)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Jumat, 23 Agustus 2019 22:22 WIB
NGAWI, BANGSAONLINE.com - Masyarakat Kabupaten Ngawi dan sekitarnya kini sedang gandrung dengan destinasi wisata baru di Desa Bringin, Kecamatan Bringin, Ngawi. Di mana, salah satu obyek wisata yang dikenal dengan nama 'Jurang Krowak' banyak men...
Rabu, 11 September 2019 18:57 WIB
Oleh: Em Mas'ud Adnan*Indonesia – terutama Jawa Timur – memang sepotong taman surga. Tanah subur, pohon rimbun, air mengalir dan gunung bertebaran menghiasi alam. Indah luar biasa. Masih ditambah satu anugerah lagi: keajaiban alam!Lihatlah blue...
Jumat, 13 September 2019 23:27 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag61. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa qaala a-asjudu liman khalaqta thiinaanDan (ingatlah), ketika Kami berfirman kepada para malaikat, “Sujudlah kamu semua kepada Adam,” ...
Sabtu, 17 Agustus 2019 11:29 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...