Rabu, 18 September 2019 15:00

Wakil Ketua DPRD Provinsi Jatim Achmad Iskandar Dukung Realisasi Wisata Garam

Rabu, 10 April 2019 10:19 WIB
Editor: Abdurrahman Ubaidah
Wartawan: Nur Khasanah Yulistiani
Wakil Ketua DPRD Provinsi Jatim Achmad Iskandar Dukung Realisasi Wisata Garam
Wakil Ketua DPRD Jatim Achmad Iskandar.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Himpunan Masyarakat Petambak Garam (HMPG) Jatim mendorong realisasi destinasi wisata garam di Madura. Alasannya untuk memperkuat ikon dari Madura sebagai pulau garam.

"Beberapa waktu lalu kami sudah usulkan ke Pemprov Jatim untuk realisasi wisata garam melalui Dinas Perikanan dan Kelautan Jatim. Kami berharap ini segera terealisasi untuk mensejahterakan masyarakat Madura," ungkap Ketua HMPG Jatim Mohammad Hasan saat dikonfirmasi, Rabu (10/4/2019).

Keberadaan wisata garam ini, jelas Muhammad Hasan, bisa menunjang rintisan KEK (Kawasan Ekonomi Khusus) garam yang sedang dirintis UTM (Universitas Trunojoyo Madura).

Dikatakan oleh Mohammad Hasan, wisata garam tersebut nantinya berisikan beberapa pengetahuan tentang garam. "Di sana nantinya ada museum garam, kolam garam hingga memberikan edukasi tentang garam yang ada di Madura," jelasnya.

Tak hanya itu, sambung Mohammad Hasan, dari pengembangan wisata garam tersebut diharapkan bisa berdiri juga institute garam dan SMK garam di Pulau Madura. "Jika ini terealisasi maka bisa dikata Pemprov sangat serius untuk membantu petambak garam di Madura, terutama dalam mengelola industri garam mulai hulu hingga hilir," terangnya.

Soal lokasi wisata garam tersebut, Mohammad Hasan menyebut bisa di kabupaten mana saja di Madura. "Bisa di Sumenep atau di Pamekasan. Terserah di mana saja dan nanti dampaknya bisa merata ke seluruh kabupaten se Madura," jelasnya.

Terpisah, Wakil Ketua DPRD Jatim Achmad Iskandar saat dikonfirmasi mengatakan pihaknya mendukung penuh realisasi wisata garam di Madura.

"Tentunya ini akan meningkatkan kesejahteraan petani garam di Madura. Sebuah terobosan yang patut diapresiasi dan dikawal penuh," tandas singkat pria asal Sumenep Madura. (yul/dur) 

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Jumat, 23 Agustus 2019 22:22 WIB
NGAWI, BANGSAONLINE.com - Masyarakat Kabupaten Ngawi dan sekitarnya kini sedang gandrung dengan destinasi wisata baru di Desa Bringin, Kecamatan Bringin, Ngawi. Di mana, salah satu obyek wisata yang dikenal dengan nama 'Jurang Krowak' banyak men...
Rabu, 11 September 2019 18:57 WIB
Oleh: Em Mas'ud Adnan*Indonesia – terutama Jawa Timur – memang sepotong taman surga. Tanah subur, pohon rimbun, air mengalir dan gunung bertebaran menghiasi alam. Indah luar biasa. Masih ditambah satu anugerah lagi: keajaiban alam!Lihatlah blue...
Jumat, 13 September 2019 23:27 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag61. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa qaala a-asjudu liman khalaqta thiinaanDan (ingatlah), ketika Kami berfirman kepada para malaikat, “Sujudlah kamu semua kepada Adam,” ...
Sabtu, 17 Agustus 2019 11:29 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...