Selasa, 23 Juli 2019 15:50

Belajar Pelayanan Online, Pemkab Boalemo Kunjungi Sidoarjo

Kamis, 04 April 2019 23:42 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Mustain
Belajar Pelayanan Online, Pemkab Boalemo Kunjungi Sidoarjo
POSE BERSAMA: Rombongan Pemkab Boalemo foto bareng dengan Dinas Kominfo saat kunjungan ke Mal Pelayanan Publik Sidoarjo, Kamis (4/4). foto: ist

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Pemkab Boalemo Provinsi Gorontalo, Sulawesi Utara berkunjung ke Sidoarjo, Kamis (4/4). Tujuannya untuk belajar tentang masalah sengketa tanah dan sistem pelayanan publik.

Rombongan pemkab Boalemo diterima oleh Wabup Nur Ahmad Syaifuddin, di ruang Delta Wicaksana, Kantor Pemkab Sidoarjo. Saat menerima kunjungan ini, Wabup didampingi Kadiskominfo Y Siswojo dan perwakilan BPN Sidoarjo.

Rombongan pemkab Boalemo juga berkunjung ke ke Sidoarjo Command Center (SCC) dan Mal Pelayanan Publik Sidoarjo. “Selain silaturahim, sekaligus studi banding dalam hal mengatasi persoalan tanah,” cetus Wabup Boalemo, Anas Jusuf.

Kata Anas Jusuf, Kabupaten Boalemo berdiri pada Tahun 1991 dengan luas wilayah 2500 meter persegi dan jumlah penduduk 147.000 jiwa. “Mayoritas mata pencarian petani 80 persen dan nelayan 20 persen, makanya harus belajar banyak ke Sidoarjo," katanya.

Sementara, Wabup Nur Ahmad Syaifuddin berharap kunjungan ke Kabupaten Sidoarjo dapat memberikan dampak positif dan terjalin hubungan baik antara Pemkab Sidoarjo dan Pemkab Boalemo.

Menurutnya, Kabupaten Sidoarjo memiliki luas wilayah 72.000 hektar dengan jumlah penduduk 3,2 juta jiwa. Sedangkan APBD sekitar Rp 5 triliun dan PAD Rp 1,5 triliun. "Hal itu sebanding dengan jumlah Penduduk Kabupaten Sidoarjo," tegasnya.

Kadiskominfo Y Siswojo menambahkan, Sidoarjo ditunjuk menjadi Smart City sejak tahun 2017. Yakni Sidoarjo menuju Smart City memiliki Sidoarjo Command Center (SCC) yang berfungsi sebagai ruang komando Pimpinan Daerah untuk melihat kondisi Sidoarjo secara online.

Selain itu, dalam perizinan, memiliki Aplikasi Online Single Submission (OSS) dan Mal Pelayanan Publik Sidoarjo terdapat 24 Instansi dan 134 Pelayanan.

Di antaranya Imigrasi, Samsat, BPN, PDAM, Perbankan, BPJS, Disnaker, Dinsos, dan Bank Pemerintah. “Semua dapat terintegrasi antara OPD, Desa, Kecamatan hingga Pemkab Sidoarjo,” beber Siswojo. (sta/rev)

Kamis, 11 Juli 2019 16:29 WIB
YOGYAKARTA, BANGSAONLINE.com - Siapa pun pasti tersenyum membaca nama tempat wisata ini. Maklum, identik alat vital wanita: “Tempik Gundul” yang artinya alat vital wanita tanpa bulu. Apalagi tulisan yang beredar di media sosial (medsos) juga d...
Minggu, 14 Juli 2019 13:13 WIB
Oleh: Dr. KH. M. Cholil NafisBaru saja, Kamis (12/7) saya berpartisipasi dalam kegiatan Bussiness Matching The 1st Pasific Exposition yang berlangsung pada 11 s.d. 14 Juli 2019 di Auckland, Selandia Baru.Pacific Exposition merupakan salah satu kontri...
Kamis, 18 Juli 2019 13:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag57. Ulaa-ika alladziina yad’uuna yabtaghuuna ilaa rabbihimu alwasiilata ayyuhum aqrabu wayarjuuna rahmatahu wayakhaafuuna ‘adzaabahu inna ‘adzaaba rabbika kaana mahtsuuraanOrang-orang yang mereka seru itu, ...
Sabtu, 29 Juni 2019 14:36 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...