Dinsos Pacitan: Tukiyem Bukanlah Peserta PKH

Dinsos Pacitan: Tukiyem Bukanlah Peserta PKH Bukti KIS Tukiyem.

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Kabid Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinas Sosial Kabupaten Muzazamah, menegaskan bahwa Tukiyem warga Kelurahan , Kecamatan/Kabupaten , bukanlah peserta program keluarga harapan (). Hal itu merunut hasil klarifikasi dua pendamping yang ia terjunkan pada Minggu (31/3) sore kemarin. 

"Jadi setelah kami lakukan kroscek lapangan dengan melibatkan dua pendamping, ternyata yang bersangkutan (Tukiyem, Red) tidak masuk sebagai peserta ," kata Muza, begitu pejabat eselon III b ini karib disapa, Senin (1/4).

Sekalipun bukan sebagai peserta , namun Muzazamah memastikan Tukiyem dan seluruh anggota keluarganya sudah masuk dalam kepesertaan kartu Indonesia sehat (KIS). 

"Begitu pun dengan dua orang anaknya yang masih sekolah, sudah masuk dalam Program Indonesia pintar (PIP). Sehingga program apalagi yang bisa kita berikan? Sebab semua program di daerah sudah dimiliki, kecuali yang memang tidak masuk," jelasnya.

Pejabat yang lama bertugas di Sekretariat DPRD ini mengungkapkan, bahwa Dinsos tak memiliki kewenangan untuk menentukan seseorang masuk dalam . Menurut ia, program itu langsung ditangani Kemensos. 

"Kami (Dinsos) hanya sebagai pengguna data hasil dari data basis terpadu tahun 2015. Apalagi kita juga pernah mengusulkan beberapa warga di pelosok desa yang mungkin memenuhi syarat. Namun kenyataannya, usulan kami itu mental tanpa ada keterangan," tandasnya.

Sementara itu, Tukiyem membenarkan kalau ia dan keluarganya masuk dalam kepesertaan KIS dan dua anaknya merupakan pemegang Kartu Indonesia pintar. Hanya saja ia masih belum memahami kalau dirinya tak bisa masuk sebagai peserta

"Yang saya tahu, dulu pernah dapat bantuan tunai, tapi sekarang kok tidak. Soal program saya nggak tahu, sebab selama ini nggak pernah ada sosialisasi. Saya dapat (kartu) dari kantor Pos. Dan dipesan sama petugas kelurahan saat itu kalau kartu tersebut agar disimpan jangan sampai hilang," tuturnya polos.

Tukiyem juga mengakui, tidak memahami apa itu dan mengapa dirinya tak masuk sebagai peserta. "Tahu saya setelah presiden ganti Pak Jokowi, saya sudah tidak dapat lagi bantuan tunai," celetuknya. (yun/dur)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Marah Lagi! Mensos Risma Bentak-Bentak Pendamping PKH, ini Tanggapan Gubernur Gorontalo':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO