Klub Motor MACI Ajak Masyarakat Turut Peduli dengan Konservasi Penyu di Pantai Kili Kili

Klub Motor MACI Ajak Masyarakat Turut Peduli dengan Konservasi Penyu di Pantai Kili Kili Para bikers yang tergabung dalam Klub MACI saat memunguti sampah di Pantai Kili Kili Trenggalek. foto: HERMAN S/ BANGSAONLINE

TRENGGALEK, BANGSAONLINE.com - Para penggemar motor gede yang tergabung dalam MACI (Motor Antique Club Indonesia) Kabupaten ikut ambil bagian dalam upaya konservasi terhadap lingkungan bersama Wakil Bupati Moh. Nur Arifin. Kegiatan itu dilaksanakan di Pantai Kili Kili Kecamatan Panggul, Kabupaten , Sabtu (23/3).

Ganif Tanto Adi, salah satu anggota MACI mengatakan, keikutsertaannya dalam konservasi terhadap lingkungan karena pada dasarnya sebagian besar anggota MACI juga tergabung dalam Kompi Huko (Komunitas Peduli Hutan Kota) yang memiliki kepedulian terhadap alam dan lingkungan.

"Alasan kami turut serta dalam kegiatan konservasi ini karena sebagian besar dari kami ini adalah orang-orang Kompi Huko yang memiliki kepedulian terhadap alam dan lingkungan," ungkapnya.

Upaya pelestarian dilakukan dengan membersihkan pantai Kili Kili. Berbagai komunitas motor, termasuk MACI, turut serta memunguti sampah yang berserakan di bibir pantai. Selain bersih-bersih sampah, pihaknya juga menaruh perhatian serius terhadap konservasi penyu yang berada di pantai tersebut. Di Pantai Kili Kili memang terdapat sarang atau tempat bertelurnya para penyu. Untuk itulah, pihaknya berkomitmen untuk menjaga biota laut ini.

"Di sini ini tempat bertelurnya para penyu, untuk itu saya sangat berharap, mari kita semua menjaga kelestarian alam ini," pintanya.

Menurut Ganif, tidak semua pantai dijadikan sarang bertelur bagi biota laut seperti penyu. Untuk itu, keberadaan sarang penyu seperti di pantai Kili Kili merupakan sesuatu yang langka dan sulit ditemukan.

Ia pun meminta pada aparat penegak hukum, agar menindak tegas apabila ada pihak-pihak yang berusaha merusak ekosistem biota laut seperti penyu ini. (man/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Sakit Hati Gara-Gara Diselingkuhi Istri, Rumah ini Dihancurkan Suami':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO