Bawaslu Pacitan Temukan Jumlah Bendel Surat Suara yang Kurang dan Lebih

Bawaslu Pacitan Temukan Jumlah Bendel Surat Suara yang Kurang dan Lebih Proses sortir dan pelipatan surat suara di KPU Pacitan. (foto: Yuniardi Sutondo/BO)

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Koordinator Divisi Pengawasan Hubungan Antar Lembaga dan Hubungan Masyarakat Bawaslu Pacitan, Sulami, menemukan adanya dua bendel surat suara DPD dan Pilpres yang kurang maupun lebih dalam proses sortir dan pelipatan.

Namun, pihaknya menilai itu bukanlah masuk kategori pelanggaran maupun ada unsur kesengajaan yang dilakukan tenaga sukarelawan sortir dan lipat surat suara.

"Mungkin mak-mak juru sortir maupun lipat surat suara ada yang belum paham. Seharusnya setiap bendel berisikan 25 lembar, hasil pantauan kami hari ini ada yang berjumlah 23 dan 27. Dua bendel itu yang kami temukan masih ada kesalahan dari sisi jumlah," ujar Sulami di sela-sela kegiatan pemantauan pelipatan dan sortir surat suara di Sekretariat KPU Pacitan, Senin (18/3).

Sulami menegaskan, temuan tersebut masih pada koridor wajar dan bukanlah unsur kesengajaan. "Sebab pihak KPU masih akan melakukan cek dan ricek lagi," tegas dia.

Sementara itu, Koordinator Divisi Logistik KPU Pacitan Damhudi mengatakan, surat suara tersebut tiba pada Minggu (17/3) kemarin. Kedatangan surat suara tersebut mengalami keterlambatan dari yang dijadwalkan.

"Saat ini sudah terkirim sebanyak 480.483 lembar surat suara pilpres dan 109.571 lembar surat suara DPRD Dapil VI. Selain itu untuk DPD telah terkirim sebanyak 480.483 lembar," kata Damhudi yang juga menjabat sebagai Ketua KPU Pacitan, secara terpisah.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO