Jumat, 07 Mei 2021 23:06

Puluhan Petugas Bersenjata Jaga Ketat Penyortiran Kertas Suara di KPU Banyuwangi

Rabu, 25 November 2020 15:54 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Teguh Prayitno
Puluhan Petugas Bersenjata Jaga Ketat Penyortiran Kertas Suara di KPU Banyuwangi
Polisi sedang berjaga di Gudang Logistik KPU Banyuwangi.

BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kepolisian Resort Kota (Polresta) Banyuwangi siap sedia mengawal suksesnya Pilkada Banyuwangi 2020. Salah satunya dengan menjaga ketat proses penyortiran dan pelipatan 1,3 juta surat suara yang berada di Gudang Logistik KPU Banyuwangi.

Tak tanggung-tanggung, sedikitnya 30 personel kepolisian bersenjata lengkap disiagakan guna melakukan pengamanan selama 24 jam penuh secara bergantian. "Untuk pengamanan surat suara, kita terjunkan petugas bersenjata yang akan berjaga sepanjang hari," kata Kapolresta Banyuwangi Kombespol Arman Asmara Syarifuddin, S.I.K, Rabu (25/11/20).

Pengamanan ini, kata Arman, karena pihaknya ingin kegiatan Pilkada Banyuwangi 2020 berlangsung adil. Tidak ada yang saling mencurigai dan bertindak curang dalam kontestasi Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Banyuwangi Tahun 2020 ini. "Tentu kami jaga jangan sampai ada orang yang sengaja melakukan kegiatan mengindikasikan kecurangan," tambahnya.

Tidak hanya memastikan keamanan, Kombes Arman juga memastikan bahwa gudang telah disterilkan. Pihaknya meminta kepada KPU untuk melakukan pemeriksaan bagi para pekerja sortir dan pelipatan. Tujuannya agar terhindar dari risiko virus COVID-19.

BACA JUGA : 

Polresta Banyuwangi Salurkan 1.475 Kg Beras Zakat Fitrah

Polresta Banyuwangi Gerebek Industri Rumahan Uang Palsu, Tersangka Residivis Tahun 2010

Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Semeru, Wabup Banyuwangi Bacakan Amanat Kapolri

Tiga Kali Mangkir, Oknum ASN Lapas Jember Dijemput Paksa Polisi Banyuwangi

"Kami pastikan juga bahwa sebelum digunakan, gudang sudah steril dari resiko penularan COVID-19. Selanjutnya, ketika logistik ini tiba dan saat pendistribusian nantinya, sudah bersih dan terbebas dari risiko penularan," terangnya.

Sementara itu, Ketua KPU Banyuwangi, Dwi Anggraeni mengatakan, surat suara untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Banyuwangi Tahun 2020 sudah berada di gudang KPU. Rencananya surat suara ini segera dilakukan pelipatan. Tentunya, pelaksanaan pelipatan dilakukan dengan menaati protokol kesehatan. "Total ada 1.300.000 surat suara yang sudah datang hari ini. Itu sudah plus 2,5 persennya," ungkapnya.

Dwi Anggraini menyatakan, setelah datang, surat suara itu disimpan di gudang KPU Banyuwangi. "Rencananya akan dilakukan sortir lipat mulai besok. Jadi masih kita siapkan secara teknis bagaimana terkait dengan sortir lipat ini," terangnya.

Karena masih dalam masa pandemi COVID-19, menurut Dwi Anggraini, banyak hal yang diperlu disiapkan dalam proses pelipatan surat suara ini. Termasuk pelaksanaan protokol kesehatan. Jumlah tenaga pelipatnya tidak boleh terlalu banyak. "Itu juga harus berjarak sesuai dengan aturan sosial distancing. Jadi tidak seperti (proses pelipatan) seperti sebelumnya," tegasnya.

Dia menambahkan, sejauh ini hampir seluruh kebutuhan logistik untuk Pilkada 9 Desember 2020 mendatang sudah tiba di Gudang Logistik KPU Banyuwangi. "Hampir semuanya sudah datang. Formulir, template, sarung tangan lateks, belum datang. Untuk lainnya sudah datang," tambahnya.

Logistik pilkada yang sudah datang, saat ini sedang disortir sesuai kebutuhan tiap-tiap TPS. Petugas juga sudah mulai merakit kotak suara. "Perakitan kotak suara sudah kita lakukan saat ini," pungkasnya. (guh/ian)

Suami Takut Istri
Kamis, 06 Mei 2021 18:19 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Dalam seminar bertema gender, Gus Dur ditanya seorang peserta. Pertanyaannya sangat sensitif dan pribadi. “Gus, katanya beberapa kiai juga takut pada istri. Apa Gus Dur juga takut pada istri?,” tanya orang itu....
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Jumat, 07 Mei 2021 06:07 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Wartawan kondang Dahlan Iskan mencatat dua waswas setelah pengumuman pertumbuhan ekonomi triwulan pertama 2021 ternyata minus hampir 1 persen.Apa saja? Silakan baca tulisan wartawan kawakan itu di HARIAN BANGSA dan BANGSA...
Rabu, 28 April 2021 14:16 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*61. falammaa balaghaa majma’a baynihimaa nasiyaa huutahumaa faittakhadza sabiilahu fii albahri sarabaanMaka ketika mereka sampai ke pertemuan dua laut itu, mereka lupa ikannya, lalu (ikan) itu melompat mengamb...
Jumat, 07 Mei 2021 10:42 WIB
Selama Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) d...