Selasa, 26 Maret 2019 18:11

Setengah Juta Rumah di Jatim Belum Teraliri Listrik

Rabu, 13 Maret 2019 22:26 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: M Didi Rosadi
Setengah Juta Rumah di Jatim Belum Teraliri Listrik
Setiadjit, S.H., M.M., Kepala Dinas ESDM Provinsi Jatim. foto: DIDI ROSADI/ BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Jawa Timur menyebut 5,4 persen atau lebih dari 1/2 juta rumah di Jatim belum teraliri listrik. Dari jumlah tersebut 56.000 merupakan rumah tangga miskin.

Kepala Dinas ESDM, Setiajit mengatakan dari tahun ke tahun Pemprov Jatim terus berupaya membantu warga untuk mendapatkan sambungan listrik. Bahkan menurutnya, Gubernur Khofifah Indar Parawansa telah memberikan amanat agar Dinas ESDM dan stakeholder membantu masyarakat miskin untuk kebutuhan listrik agar bisa digunakan sebagai usaha mikro.

“Pada wilayah Madura akan dipasang instalasi listrik dan sambungan listrik sebanyak 107.537 rumah tangga. Diprioritaskan untuk warga miskin. Sedangkan untuk yang kepulauan, Gubernur akan memasang 1067 listrik tenaga surya hemat energi (LTSHE),” ujar Setiajit, Rabu (13/3).

Mantan kepala Dinas Tenaga Kerja Jatim ini mengatakan tahun 2018 rasio elektrifikasi sebanyak 94,64 persen. Menurutnya target untuk 2019 meningkat menjadi 96,5 persen. “Setidaknya 2-3 persen yang harus diselesaikan,” tegas mantan Penjabat Sementara Bupati Jombang itu.

Setiajit mengatakan, daerah-daerah yang banyak belum teraliri listrik adalah Kabupaten Sumenep karena banyak kepulauan, Sampang, Situbondo, Bondowoso, dan Jember. Menurutnya di daerah lain ini juga ada yang belum teraliri listrik. Hanya saja yang paling besar di rumah daerah itu.

“Biasanya selain warga kepulauan juga masyarakat yang terpencil di dalam hutan,” terangnya.

Sementara itu, Direktur Operasi PT Pembangkit Jawa Bali (PJB) Sugiyanto mengatakan saat ini pihaknya memasang 100.000 sambungan untuk tahun ini. Khususnya untuk warga miskin di Madura.

“Ini tanggung jawab kami sebagai anak perusahaan dari PLN dan bagian dari BUMN. Kami berkomitmen dan berkontribusi dengan membangun pembangkit listrik baru di Gresik sebesar 800 Megawatt. Targetnya 3-4 tahun lagi selesai,” jelasnya.

Sugiyanto mengatakan sebenarnya Jatim adalah produsen listrik yang mampu menyumbang pasokan listrik ke Jawa Barat dan Bali. Menurutnya, Jatim memiliki banyak Pembangkit Litrik Tenaga Uap (PLTU) dan Pembangkit Litrik Tenaga Air (PLTA). (mdr/rev)

Polda Jatim Gerebek Pabrik Makanan Ringan Berbahan Tawas dan Bumbu Kadaluarsa di Sidoarjo
Jumat, 15 Maret 2019 05:14 WIB
SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Tim Satgas Pangan Polda Jatim menggerebek pabrik produksi makanan ringan (snack) di Dusun Dodokan, Desa Tanjungsari, Taman, Sidoarjo, Kamis (14/3). Dalam penggerebekan ditemukan bahan baku berbahaya dan kadaluarsa y...
Selasa, 19 Februari 2019 16:59 WIB
BANGSAONLINE.com - Februari udah mau abis aja nih... Saygon Waterpark punya banyak banget promo menarik buat kalian di bulan Februari ini. Ayo... jangan sampai ketinggalan ya...1. Romantic Moment, Berdua Lebih HematBuat kalian yang dateng berdua sama...
H. Suparto Wijoyo
Rabu, 20 Maret 2019 10:57 WIB
Oleh: H. Suparto Wijoyo*PAPUA menghadirkan duka pada saat yang nyaris setarikan nafas panjang atas tragedi yang menimpa Jamaah shalat Jumat di Masjid An Noor, Christchurch, Selandia Baru, Jumat 15 Maret 2019. 49 orang tewas akibat pemberondongan...
Sabtu, 23 Maret 2019 12:18 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag29. Walaa taj’al yadaka maghluulatan ilaa ‘unuqika walaa tabsuthhaa kulla albasthi fataq’uda maluuman mahsuuraanDan janganlah kamu jadikan tanganmu terbelenggu pada lehermu dan janganlah kamu terlalu mengul...
Dr. KH. Imam Ghazali Said.
Jumat, 01 Februari 2019 11:02 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...