Bupati Sambari Lantik 2.160 Anggota BPD

Bupati Sambari Lantik 2.160 Anggota BPD Bupati Sambari saat mengambil sumpah jabatan anggota BPD.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Bupati Gresik Sambari Halim Radianto meminta anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) sebagai mitra pemerintah desa mampu membangun hubungan yang harmonis serta bekerja sama dalam pemerintahan di desa.

Hal ini dikatakan Bupati usai melakukan pengambilan sumpah dan pelantikan 2.160 anggota BPD se-Kabupaten Gresik di Gedung Wahana Ekspresi Poesponegoro (WEP), Jalan Jaksa Agung Soeprapto, Gresik, Jumat (1/3).

Bupati juga mendorong agar BPD mampu menumbuh kembangkan partisipasi dan peran aktif dalam proses pembangunan di desa. "Kepada seluruh anggota BPD, kami ingin agar terjalin hubungan yang harmonis dengan pemerintah desa, termasuk dengan kepala fesa. Karena BPD juga merupakan bagian dari pemerintahan di desa, " jelasnya.

Bupati juga meminta BPD agar melibatkan masyarakat dalam penyerapan aspirasi. Serta, melaksanakan tugas dengan sungguh-sungguh penuh tanggungjawab sesuai dengan peraturan yang berlaku. "BPD mempunyai 3 fungsi menurut Undang-Undang, yakni bersama kepala desa menyusun peraturan desa (Perdes), menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat, serta mengawasi kinerja pemerintah desa. Maka dari itu, saya ingin agar BPD mampu melaksanakan tugasnya secara sungguh-sungguh," pintanya.

Orang nomor satu di Kabupaten Gresik ini juga berpesan kepada kepala desa yang hadir, agar bisa bersinergi dengan BPD. "Kepala desa dan BPD harus bersinergi, semua proses harus melibatkan BPD sebagai representasi perwakilan warga. Dalam menjalankan pengelolaan anggaran terutama, semua kepala desa harus menyampaikan pertanggungjawaban secara akuntabel dan transparan," terangnya.

Sementara Wakil Bupati Gresik Moh. Qosim meminta dukungan untuk menyukseskan kebijakan dan program-program di Kabupaten Gresik. "Anggota BPD harus mampu menjadi teladan yang baik bagi masyarakat. Tentu juga mendukung program-program dan kebijakan Pemerintah Kabupaten Gresik yang bertujuan mensejahterakan masyarakat," pungkasnya. (hud/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO