Minggu, 26 Mei 2019 11:20

Rumah Takmir Masjid di Bangilan Terbakar, Uang Lazisnu dan Uang Jariyah Hangus

Selasa, 19 Februari 2019 14:37 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Ahmad Habibi
Rumah Takmir Masjid di Bangilan Terbakar, Uang Lazisnu dan Uang Jariyah Hangus
Api dengan cepat melalap bangunan rumah milik Sujani.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Peristiwa kebakaran menimpa rumah milik mbah Sujani (70), seorang takmir yang juga sebagai bendahara masjid At-Taqwa warga RT 01 RW 02 Desa Kablukan, Kecamatan Bangilan, Kabupaten Tuban, Selasa (19/2).

Pantauan di lapangan, kebakaran yang menghanguskan seisi rumah itu terjadi pagi pukul 09.00 WIB. Api ditengarai berasal dari bediang (bakaran jerami) yang berlokasi di pinggir belakang rumahnya.

Bediang itu diduga diterpa angin sehingga api merambat di sisi belakang rumah yang terbuat dari bahan kayu jati. Lalu dengan cepat api merambat ke sisi rumah bagian belakang, tengah, dan 1 kandang sapi.

Menurut saksi mata di lapangan, Supaji (45 th), rumah Sujani dalam keadaan kosong saat peristiwa kebakaran terjadi. Ia diketahui sedang beraktivitas menggarap sawahnya. Sementara istrinya, Mbah Tuminem, tengah menjemput cucunnya, Nafisah, di sekolah.

Sedangkan putranya, yang juga ayah Nafisah, Rahmat (48), saat itu juga bekerja di kantor Kemenag Tuban.

"Melihat kepulan asap yang pekat di lokasi rumah Mbah Sujani, banyak tetangga baru tersadar dan mengetahui adannya kebakaran rumahnya bendahara ta'mir masjid," ceritanya.

Namun, api terlanjur membesar dengan cepat. Tak kurang dari setengah jam, amukan api membuat rumah milik Sutaji menjadi arang. Para tetangga sempat berbondong-bondong memadamkan jilatan api menggunakan alat seadanya seperti bak atau gayung.

Sedangkan 3 unit mobil pemadam kebakaran (damkar) dari BPBD wilayah Jatirogo baru tiba pukul 10.00 WIB. Kedatangan pasukan pemadam tidak mampu berbuat banyak untuk menyelamatkan rumah milik takmir masjid tersebut. Para petugas pemadam hanya menyemprotkan air ke sisa-sisa rumah yang sudah rata dengan tanah.

Sementara akibat peristiwa ini, korban mengalami kerugian sebesar Rp 300 juta lebih. Kerugian meliputi harta benda titipan atau dana amanah umat, seperti uang masjid At -Taqwa dan uang Lazisnu, beserta rumah dan seisinya.

Sementara itu, Sertu Masduki Babinsa setempat, mengimbau ke masyarakat untuk lebih mawas diri dalam menjaga keamanan rumah. Terutama, sebelum bepergian rumah. "Kami imbau masyarakat agar menjaga rumah sebelum hendak keluar," pesannya. (ahm/rev)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Selasa, 26 Maret 2019 21:54 WIB
MADIUN, BANGSAONLINE.com - KAI Daop 7 ajak beberapa wartawan wilayah Madiun, mulai dari wartawan cetak, online, dan televisi, ke tempat bangunan bersejarah Lawang Sewu dan Stasiun Ambarawa, Selasa (26/3). Kegiatan ini dilakukan selama dua hari (25-26...
Suparto Wijoyo
Rabu, 22 Mei 2019 11:24 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*SAYA menyaksikan penuh kagum terhadap para kompetitor yang menyorong sekehendaknya. Dengan nyaman menikmati gelisah rakyat yang sangat mayoritas. Para promotor pertandingan tergiring dalam alun langkahnya dengan kosa laku yang...
Sabtu, 18 Mei 2019 12:13 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag41. Walaqad sharrafnaa fii haadzaa alqur-aani liyadzdzakkaruu wamaa yaziiduhum illaa nufuuraanDan sungguh, dalam Al-Qur'an ini telah Kami (jelaskan) berulang-ulang (peringatan), agar mereka selalu ingat. Tetapi (p...
Dr. KH. Imam Ghazali Said
Jumat, 17 Mei 2019 16:44 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<...