Pelaksanaan Lelang Umum di Pacitan Tunggu Setoran OPD ke ULP

Pelaksanaan Lelang Umum di Pacitan Tunggu Setoran OPD ke ULP H. Turmudi, Kabag Layanan Pengadaan Barang dan Jasa Setkab Pacitan. Foto: YUNIARDI SUTONDO/BANGSAONLINE

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Proses lelang umum atas sejumlah paket kegiatan fisik konstruksi tahun anggaran 2019 dimungkinkan akan mulai digeber pada Maret mendatang. Namun begitu, cepat lambatnya dari tahapan lelang tersebut kembali ke masing-masing OPD.

Hal ini sebagaimana disampaikan Kabag Layanan Pengadaan Barang dan Jasa Setkab Pacitan, Turmudi. Ia mengatakan, hampir semua OPD saat ini masih melakukan proses perencanaan. Sehingga pihaknya belum bisa memastikan berapa jumlah paket pekerjaan fisik konstruksi yang akan dilelang tahap awal nanti. 

"Kalau tahun lalu jumlahnya sekitar 140 paket, tahun ini kami masih menunggu dari OPD," kata Turmudi, Kamis (14/2).

Turmudi menegaskan, mekanisme lelang tahun ini jauh berbeda dari tahun sebelumnya. Sebab dengan diterapkannya Perpres 16/18, harus dilakukan secara elektronik pengadaan langsung (ELP) terhadap jasa konsultasi perencanaan. 

"Hal ini yang kadang sering menjadi kendala. Sebab yang namanya jaringan, kadang ngadat kadang lancar. Kita berharap, semoga proses tersebut tidak menemui kendala berarti," beber dia.

Sementara itu saat ditanya ada berapa paket kegiatan konstruksi yang akan segera dilelang, Turmudi kembali menegaskan belum bisa menyampaikan. "Sebab saat ini baru Dinas PUPR yang sebagian sudah memasukkan ke Unit Layanan Pengadaan (ULP)," tandasnya. (yun/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO