Senin, 18 Februari 2019 22:34

Cegah Rentenir, Dinkop Pasuruan Maksimalkan Peran Kopwan

Selasa, 12 Februari 2019 17:39 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Ahmad Habibi
Cegah Rentenir, Dinkop Pasuruan Maksimalkan Peran Kopwan

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Banyaknya masyarakat yang mengambil jalan pintas untuk mendapatkan pinjaman uang ke bank titil (rentenir), baik untuk kepentingan usaha maupun kebutuhan lainnya, menjadi perhatian Dinas Koperasi dan Usaha Mikro. Pasalnya, sistem pinjaman di bank titil dianggap sangat memberatkan para peminjam, dikarenaakan suku bunga yang tinggi.

Agar masyarakat tidak lagi bergantung kepada bank titil, maka langkah antisipasi yang diterapkan yakni dengan melakukan penguatan pada Kopwan (Koperasi Wanita) yang ada di beberapa desa.

"Saat ini jumlah Kopwan aktif dalam kegiatan usahanya sebanyak 365 tersebar di 24 kecamatan," jelas Henis Widiayanto, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro pada Bangsaonline.com.

Beberapa langkah yang sudah dilakukan Dinas Koperasi agar kegiatan usaha Kopwan berjalan dengan baik, yakni dengan melakukan pembinaan kepada mereka. Misalnya, kepengurusan, pembuatan lapoaran, atau juga melakukan kerja sama dengan lembaga keuangan. Dengan langkah-langkah tersebut, diharapkan kepercayaan anggota kepada koperasi akan semakin meningkat.

"Dengan penguatan kelembagaan, maka dampaknya kepercayaan anggota maupun masyarakat yang akan menitipkan uang atau pinjaman modal anggota ke Kopwan akan meningkat. Memang upaya tersebut tidak mudah, diperlukan keseriusan semua pengurus," pungkasnya. (bib/par/rev)

Tim PSC Dinkes Pacitan Siaga 24 Jam, Apa Saja Tugasnya?
Jumat, 01 Februari 2019 06:27 WIB
PACITAN, BANGSAONLINE.com - Dinas Kesehatan (Dinkes) Pacitan mempunyai tim public safety center (PSC) yang siaga 24 jam dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Apa saja tugas tim ini? Simak video berikut.
Rabu, 06 Februari 2019 13:59 WIB
JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Menambah jumlah destinasi wisata buatan, sebuah desa di Jombang mengembangkan destinasi wisata tanaman. Di areal wisata ini, pengelola menyuguhkan ratusan aneka tanaman bunga yang menarik dan indah. Selain keindahan wisata...
Suparto Wijoyo
Rabu, 13 Februari 2019 10:28 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*RABU, 13 Februari 2019 ini, Bude Khofifah Indar Parawansa dan Mas Emil E. Dardak dilantik di Istana Negara sebagai Gubernur-Wakil Gubernur periode 2019-2024. Ucapan selamat dan senyum mengembang diragam kesempatan beliau yang me...
Sabtu, 16 Februari 2019 11:20 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.AgAl-Isra': 24وَاخْفِضْلَهُمَاجَنَاحَالذُّلِّمِنَالرَّحْمَةِوَقُلْرَّبِّارْحَمْهُمَاكَمَارَبَّيٰنِيْصَغِيْرًاۗWaikhfidh...
Dr. KH. Imam Ghazali Said.
Jumat, 01 Februari 2019 11:02 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...