Kamis, 21 Februari 2019 11:45

Perputaran Uang Lembaga Leasing Banyak di Luar Pacitan

Selasa, 12 Februari 2019 09:38 WIB
Editor: Rizki Daniarto
Wartawan: Yuniardi Sutondo
Perputaran Uang Lembaga Leasing Banyak di Luar Pacitan
Ketua LBH Cinta Keadilan Semesta (Cikeas) Badrul Amali.

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Ketua Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Cinta Keadilan Semesta (Cikeas) Badrul Amali meminta kepada semua lembaga finance penyelenggara leasing agar melakukan transaksi dan perputaran uang di Pacitan.

"Transaksinya di sini (Pacitan), tapi uang diputar di luar daerah. Ini jelas tidak etis dan banyak memengaruhi situasi perekonomian masyarakat," kata Badrul, saat ditemui di pelataran parkir Pengadilan Agama (PA), Pacitan, Selasa (12/2).

Badrul yang lama mengendalikan lembaga perlindungan konsumen ini berharap agar wakil rakyat di Pacitan memahami persoalan tersebut. Sebab, merunut informasi yang dia dengarkan, selama ini hampir semua finance penyelenggara leasing yang ada di Pacitan melakukan penandatanganan akta fidusia dengan melibatkan notaris di luar daerah.

Selain itu, pengacara berdarah Madura ini juga sedikit mengkritik bahwa konsumen atau debitur leasing hampir tak pernah diberikan penjelasan di hadapan notaris saat mereka melakukan unjuk perjanjian fidusia oleh lembaga finance penyelenggara leasing.

"Harusnya itu dilakukan dihadapan notaris, agar masing-masing pihak memahami hak dan kewajibannya masing-masing. Tapi informasi yang kami terima selama ini, mereka (lembaga finance) nyaris tidak pernah melakukan itu," bebernya.

Terkait persoalan yang dibeberkan itu, Badrul dalam waktu dekat ini berencana hendak melakukan hearing dengan DPRD. Utamanya meminta agar lembaga finance penyelenggara leasing yang ada di Pacitan bisa melakukan transaksi dan perputaran uang di Pacitan.

"Sebab. ini sangat berdampak terhadap perekonomian masyarakat secara global di sebuah wilayah atau daerah kalau seandainya perputaran keuangan harus dialihkan ke luar daerah," tandasnya.(yun/rd)

Tim PSC Dinkes Pacitan Siaga 24 Jam, Apa Saja Tugasnya?
Jumat, 01 Februari 2019 06:27 WIB
PACITAN, BANGSAONLINE.com - Dinas Kesehatan (Dinkes) Pacitan mempunyai tim public safety center (PSC) yang siaga 24 jam dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Apa saja tugas tim ini? Simak video berikut.
Selasa, 19 Februari 2019 16:59 WIB
BANGSAONLINE.com - Februari udah mau abis aja nih... Saygon Waterpark punya banyak banget promo menarik buat kalian di bulan Februari ini. Ayo... jangan sampai ketinggalan ya...1. Romantic Moment, Berdua Lebih HematBuat kalian yang dateng berdua sama...
Suparto Wijoyo
Rabu, 20 Februari 2019 12:01 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*DEBAT capres kedua telah digelar dengan segala kehormatannya pada 17 Februari 2019. Riuh tepuk tangan dan sorakan terdengar di setiap kerumunan sebagai lahan hiburan politik yang sangat komunalistik. Saya sendiri menepikan dir...
Sabtu, 16 Februari 2019 11:20 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.AgAl-Isra': 24وَاخْفِضْلَهُمَاجَنَاحَالذُّلِّمِنَالرَّحْمَةِوَقُلْرَّبِّارْحَمْهُمَاكَمَارَبَّيٰنِيْصَغِيْرًاۗWaikhfidh...
Dr. KH. Imam Ghazali Said.
Jumat, 01 Februari 2019 11:02 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...