Perputaran Uang Lembaga Leasing Banyak di Luar Pacitan

Perputaran Uang Lembaga Leasing Banyak di Luar Pacitan Ketua LBH Cinta Keadilan Semesta (Cikeas) Badrul Amali.

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Ketua Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Cinta Keadilan Semesta (Cikeas) Badrul Amali meminta kepada semua lembaga finance penyelenggara leasing agar melakukan transaksi dan perputaran uang di Pacitan.

"Transaksinya di sini (Pacitan), tapi uang diputar di luar daerah. Ini jelas tidak etis dan banyak memengaruhi situasi perekonomian masyarakat," kata Badrul, saat ditemui di pelataran parkir Pengadilan Agama (PA), Pacitan, Selasa (12/2).

Badrul yang lama mengendalikan lembaga perlindungan konsumen ini berharap agar wakil rakyat di Pacitan memahami persoalan tersebut. Sebab, merunut informasi yang dia dengarkan, selama ini hampir semua finance penyelenggara leasing yang ada di Pacitan melakukan penandatanganan akta fidusia dengan melibatkan notaris di luar daerah.

Selain itu, pengacara berdarah Madura ini juga sedikit mengkritik bahwa konsumen atau debitur leasing hampir tak pernah diberikan penjelasan di hadapan notaris saat mereka melakukan unjuk perjanjian fidusia oleh lembaga finance penyelenggara leasing.

"Harusnya itu dilakukan dihadapan notaris, agar masing-masing pihak memahami hak dan kewajibannya masing-masing. Tapi informasi yang kami terima selama ini, mereka (lembaga finance) nyaris tidak pernah melakukan itu," bebernya.

Terkait persoalan yang dibeberkan itu, Badrul dalam waktu dekat ini berencana hendak melakukan hearing dengan DPRD. Utamanya meminta agar lembaga finance penyelenggara leasing yang ada di Pacitan bisa melakukan transaksi dan perputaran uang di Pacitan.

"Sebab. ini sangat berdampak terhadap perekonomian masyarakat secara global di sebuah wilayah atau daerah kalau seandainya perputaran keuangan harus dialihkan ke luar daerah," tandasnya.(yun/rd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO