Kamis, 21 Februari 2019 11:45

Kebocoran Air PDAM Pasuruan Cukup Tinggi

Selasa, 12 Februari 2019 00:16 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Ahmad Habibi
Kebocoran Air PDAM Pasuruan Cukup Tinggi
Jajaran PDAM Pasuruan saat rapat dengan Komisi II DPRD.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Banyaknya pipa jaringan distribusi milik PDAM Kabupaten Pasuruan yang berusia tua dan belum ada penggantian menjadi pemicu utama faktor kehilangan air (losing) yang cukup tinggi. Dari total produksi air 6.756.509 liter m3 hanya mampu terjual 5.098.053 liter kubik. Sedangkan sisanya sebesar 24 persen atau 1.658.456 liter m3 tidak terjual.

Kondisi tersebut menjadi keprihatinan kalangan dewan, salah satunya disampaikan oleh Andri Wahyudi. Ia menilai seharusnya losing air baku bisa dicegah olah perusahaan plat merah tersebut, jika pihak PDAM melakukan terobosan yang brilian. Menurutnya, selama ini pihak PDAM tidak melakukan secara menyeluruh.

“Pipa distribusi PDAM di Kabupaten Pasuruan itu sudah tua. Rata rata ada yang peninggalan belanda, sudah tidak layak lagi dipergunakan untuk kegiatan bisnis air,“ jelasnya.

Jika masalah ini tidak ditangani secara optimal, ia khawatir akan berimbas kerugian pada perusahaan. "Jika dikalkulasi, berapa juta rupiah yang akan masuk ke perusahaan jika kebocoran itu bisa ditekan semaksimal mungkin dengan melakukan penggantian pipa yang baru? Minimal kalau ada kebocoran 10-15 persen itu masih dalam batas normal," paparnya.

Keterangan yang sama disampaikan Rohani Siswanto. Ia memandang manajeman bisnis PDAM dari dulu sampai sekarang belum ada program yang menonjol. Selain itu, permasalahan yang dihadapi tetap klasik, yakni kebocoran. "Kalau mau ingin maju bisa belajar ke PDAM tetangga seperti contoh Malang, manajemen sudah bagus,“ sarannya.

Terpisah, Dirut PDAM Za’ari S.T,  menuturkan sudah melakukan beberapa langkah antisipasi untuk mengatasi losing air. Salah satunya dengan mengoptimalkan perbaikan jaringan yang rusak serta penggantian pipa. Langkah tersebut bertujuan agar pelayanan kepada masyarakat bisa lebih prima. (bib/par/rev) 

Tim PSC Dinkes Pacitan Siaga 24 Jam, Apa Saja Tugasnya?
Jumat, 01 Februari 2019 06:27 WIB
PACITAN, BANGSAONLINE.com - Dinas Kesehatan (Dinkes) Pacitan mempunyai tim public safety center (PSC) yang siaga 24 jam dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Apa saja tugas tim ini? Simak video berikut.
Selasa, 19 Februari 2019 16:59 WIB
BANGSAONLINE.com - Februari udah mau abis aja nih... Saygon Waterpark punya banyak banget promo menarik buat kalian di bulan Februari ini. Ayo... jangan sampai ketinggalan ya...1. Romantic Moment, Berdua Lebih HematBuat kalian yang dateng berdua sama...
Suparto Wijoyo
Rabu, 20 Februari 2019 12:01 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*DEBAT capres kedua telah digelar dengan segala kehormatannya pada 17 Februari 2019. Riuh tepuk tangan dan sorakan terdengar di setiap kerumunan sebagai lahan hiburan politik yang sangat komunalistik. Saya sendiri menepikan dir...
Sabtu, 16 Februari 2019 11:20 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.AgAl-Isra': 24وَاخْفِضْلَهُمَاجَنَاحَالذُّلِّمِنَالرَّحْمَةِوَقُلْرَّبِّارْحَمْهُمَاكَمَارَبَّيٰنِيْصَغِيْرًاۗWaikhfidh...
Dr. KH. Imam Ghazali Said.
Jumat, 01 Februari 2019 11:02 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...