Penuhi Target PAD Rp2,5 Miliar, PDAM Giri Nawa Tirta Fokus Minimalisasi Water Loss

Penuhi Target PAD Rp2,5 Miliar, PDAM Giri Nawa Tirta Fokus Minimalisasi Water Loss Za’ari, Dirut PDAM Giri Nawa Tirta.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com Kabupaten Pasuruan optimis bisa memenuhi target PAD sebesar Rp2,5 miliar pada 2022.

Za’ari, Dirut saat dikonfirmasi BANGSAONLINE.com mengatakan, target tersebut sangat realistis untuk dicapai. Sebab, realisasi PAD yang dibukukan hingga saat ini sudah mencapai Rp2,48 miliar.

Karena itu, sisa waktu kurang dua bulan ini akan dimaksimalkan untuk melakukan evaluasi bersama dengan jajaran manajemen, terkait kendala yang dihadapi dalam bisnis air bersih ini. Adapun langkah-langkah yang dilakukan antara lain dengan meminimalisasi dan merespons cepat gangguan pelanggan.

Salah satu contoh kendala pelayanan adalah di wilayah Petungasri Kecamatan Pandaan. Upaya yang sedang dilakukan adalah menambah sumber mata air karena beberapa sumber mata air yang mensuplai air mengalami penurunan debit.

"Saat ini kita sudah melakukan survei sumber baru di wilayah Petung, Kecamatan Pandaan. Kemungkinan tahun depan kita sudah mulai mengurus izin surat izin pemanfaatan air (SIPA)," kata Za'ari, Selasa (15/11/2022).

Ia berharap langkah-langkah yang dilakukan bisa memenuhi kebutuhan air di wilayah Pandaan. Jika tidak, maka akan dilakukan penanganan alternatif dengan melakukan kerja sama dengan PDAM milik Surabaya.

Menurut Za'ari, kurang maksimalnya pelayanan akibat aliran air kerap mati. Selain dampak debit menurun, hal itu juga dipengaruhi banyak faktor,  seperti jaringan pipa sudah tua atau pipa tersumbat akar. (bib/par/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO