DAK Cair Rp 3 Miliar Lebih, Pemkab Pasuruan Siap Rehab 178 RTLH

DAK Cair Rp 3 Miliar Lebih, Pemkab Pasuruan Siap Rehab 178 RTLH

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Pasuruan kembali mendapat alokasi anggaran untuk program bedah rumah bagi warga miskin dari pusat pada tahun 2019 ini. Nilai anggaran untuk perbaikan rumah warga miskin yakni Rp 3,115 miliar tersebut rencananya akan dipergunakan untuk rehab ratusan rumah tak layak huni (RTLH) yang belum tertangani.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Ir Misbah Zunib pada Jum’at (8/2). Ia menuturkan anggaran tersebut rencana akan dipergunakan untuk perbaikan 178 unit rumah warga miskin.

"Sasaran kegiatan yakni di desa Ploso sari 133 unit rumah warga miskin dan Kalipang 45 unit,” jelas Misbah pada BANGSAONLINE.com.

Ia menambahkan, tiap unit rumah layak huni yang akan direhab dianggarkan Rp 17 juta dengan rincian untuk pengadaan bahan bangunan/material Rp 15 juta dan upah Rp 2,5 juta. Yang terpenting lagi, dalam program RTLH yang dananya bersumber dari DAK disyaratkan bangunan harus ada pengulangan menggunakan besi beton.

Pada tahun 2018 Kabupaten Pasuruan juga mendapat bantuan program yang sama dengan nilai Rp 3,255 miliar. Dana tersebut dipergunakan untuk perbaikan 217 unit rumah.Perbedaannya di tahun lalu tiap unit dianggarkan Rp 15 juta, untuk upah kerja tidak ada, sehingga obyek RTLH yang ditangani lebih banyak. (bib/par/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO