Rabu, 17 Juli 2019 12:39

Sempat Tarik Ulur, Pansus Tatib Pemilihan Wakil Wali Kota Blitar Akhirnya Terbentuk

Rabu, 06 Februari 2019 16:58 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Akina Nur Alana
Sempat Tarik Ulur, Pansus Tatib Pemilihan Wakil Wali Kota Blitar Akhirnya Terbentuk
Totok Sugiharto Wakil Ketua DPRD Kota Blitar

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Setelah sempat tarik ulur, Panitia Khusus Tata Tertib (Pansus) pemilihan Wali Kota Blitar dan Wakil Wali Kota Blitar sisa masa jabatan akhirnya terbentuk. Wakil Ketua DPRD Kota Blitar Totok Sugiharto mengatakan, seluruh fraksi menyetujui pembentukan Pansus Tatib dan usai rapat fraksi dan telah diparipurnakan.

"Sebelumnya pada hari Senin lalu memang belum ada kesepakatan antar fraksi soal pembentukan Pansus Tatib. Kami menunda dan melakukan rapat masing-masing fraksi. Setelah itu baru ada kesepakatan pembentukan Pansus Tatib dan sudah kami paripurnakan," ungkap Totok, Rabu (6/2/2019).

Menurut dia, usai terbentuk, Pansus yang beranggotakan delapan orang dan diketuai Nuhan Eko Wahyudi dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini akan langsung bekerja. Yakni, menyusun rancangan peraturan DPRD tentang tata tertib pemilihan wali kota Blitar dan wakil wali kota Blitar sisa masa jabatan. Pembuatan rancangan peraturan DPRD itu harus selesai dalam waktu 45 hari setelah Pansus terbentuk.

"Setelah ini, Pansus akan langsung membuat rancangan peraturan DPRD tentang tatib pemilihan wali kota dan wakil wali kota sisa masa jabatan," paparnya.

Sebelumnya, Wakil Wali Kota Blitar Santoso mengatakan masih menunggu status kasus Samanhudi berkekuatan hukum tetap atau inkracht. Sehingga baru bisa melangkah lebih jauh. Sampai saat ini, status Santoso masih sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Blitar.

"Seperti diketahui, sekarang kan belum inkracht. Masih banding jadi, ya kami tunggu inkracht dulu, baru bisa melangkah lebih jauh," jelas Santoso.

Ia juga belum tahu siapa yang akan menjadi pendampingnya saat posisinya naik menjadi wali kota menggantikan Samanhudi di sisa masa jabatan. "Siapa saja yang akan menggantikan posisi wawali saya siap. Yang penting bisa diajak kerja sama memajukan Kota Blitar," imbuhnya.

Pembentukan Pansus Tatib pemilihan wali kota Blitar dan wakil wali kota Blitar sisa masa jabatan ini sebagai konsekuensi kasus suap yang menjerat Wali Kota Blitar nonaktif M Samanhudi Anwar. Samanhudi Anwar divonis lima tahun penjara oleh Pengadilan Tipikor Surabaya. Meski sudah vonis, status kasus Wali Kota Blitar nonaktif M Samanhudi Anwar belum berkekuatan hukum tetap. Ini setelah Jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengajukan banding terhadap vonis majelis hakim Pengadilan Tipikor Surabaya yang diberikan ke Samanhudi. Karena jaksa banding, kuasa hukum Samanhudi akhirnya juga mengajukan banding. (ina/rev)

Kamis, 11 Juli 2019 16:29 WIB
YOGYAKARTA, BANGSAONLINE.com - Siapa pun pasti tersenyum membaca nama tempat wisata ini. Maklum, identik alat vital wanita: “Tempik Gundul” yang artinya alat vital wanita tanpa bulu. Apalagi tulisan yang beredar di media sosial (medsos) juga d...
Minggu, 14 Juli 2019 13:13 WIB
Oleh: Dr. KH. M. Cholil NafisBaru saja, Kamis (12/7) saya berpartisipasi dalam kegiatan Bussiness Matching The 1st Pasific Exposition yang berlangsung pada 11 s.d. 14 Juli 2019 di Auckland, Selandia Baru.Pacific Exposition merupakan salah satu kontri...
Sabtu, 06 Juli 2019 15:08 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag57. Ulaa-ika alladziina yad’uuna yabtaghuuna ilaa rabbihimu alwasiilata ayyuhum aqrabu wayarjuuna rahmatahu wayakhaafuuna ‘adzaabahu inna ‘adzaaba rabbika kaana mahtsuuraanOrang-orang yang mereka seru itu, ...
Sabtu, 29 Juni 2019 14:36 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...