Ini Penjelasannya Harga Ikan Dorang Lebih Mahal dari Daging Sapi

Ini Penjelasannya Harga Ikan Dorang Lebih Mahal dari Daging Sapi Sururi, salah seorang nelayan tradisional di Pacitan.

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Meski sempat melewati musim barat, akan tetapi sejak November tahun lalu sejumlah nelayan tradisional di Pacitan sempat untung. Itu lantaran mereka acap kali bisa menjaring ikan dorang yang harganya bisa empat kali lipat lebih mahal dari daging sapi super.

"Sejak November tahun lalu, memang banyak nelayan lokal yang bisa menjaring dorang. Jumlahnya memang nggak begitu banyak. Akan tetapi harga satu kilogramnya (kg) untuk size tertentu bisa mencapai Rp 400 ribu," terang Sururi, salah seorang nelayan tradisional di Pacitan, Kamis (30/1).

Menurutnya, harga dorang bervariatif sesuai size-nya. Misalnya saja, untuk ikan dorang ukuran 1-2 ons dijual seharga Rp 60 ribu/kg. Kemudian ukuran 2-3 ons dijual seharga Rp 120 ribu/kg, ukuran 3-4 ons dijual seharga Rp 150 ribu/kg, ukuran 4-5 ons dijual seharga Rp 200 ribu/kg, dan di atas 5 ons dijual seharga Rp 300 ribu-Rp 400 ribu/kg.

"Harga puncak sempat terjadi saat perayaan Imlek lalu. Setelah itu, untuk size di atas 5 ons, hanya dijual seharga Rp 250 ribu/kg, dan size terkecil Rp 50 ribu/kg," jelasnya pada pewarta.

Ikan jenis dorang, lanjut dia, memang hanya bisa dijaring oleh nelayan tradisional. Sebab ikan tersebut hanya berada di antara 0-10 mil laut dan merupakan ikan daratan. "Jadi nelayan andon rugi kalau hanya menjaring dorang. Jumlahnya hanya sedikit. Lagian para nelayan andon berlayar jauh ke tengah lautan," beber Sururi.

Hanya saja sampai saat ini, para nelayan tradisional di Pacitan baru bisa menjual ke pengepul. Mereka belum bisa menembus pasar yang jelas. "Kami punya tiga pengepul yang mau membeli hasil tangkapan kami, terutama ikan dorang yang memang tengah menjadi primadona," tandasnya. (yun/rd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO