Toko Kumuh dan Berlumut Dinilai Merusak Pemandangan Wajah Kota Tuban

Toko Kumuh dan Berlumut Dinilai Merusak Pemandangan Wajah Kota Tuban Bupati Tuban H Fathul Huda memberikan keterangan kepada awak media usai acara syukuran penghargaan Adipura.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Sejumlah toko di Kabupaten  dinilai dapat merusak pemandangan dan keindahan kota karena kondisinya dibiarkan kotor tak terawat. Apalagi keberadaan toko kumuh nan berlumut tersebut berada di sepanjang jalan Panglima Sudirman yang merupakan jalan nasional dan menjadi urat nadi perekonomian masyarakat.

Hal ini disampaikan Bupati , H. Fathul Huda dalam acara syukuran penghargaan Adipura di Taman Kota, Selasa (22/1).

Bupati menyampaikan, bangunan yang terlihat kotor tersebut jumlahnya cukup banyak dan tergolong toko besar. Di samping itu letaknya yang sangat strategis sehingga mengakibatkan pandangan kota menjadi kurang bagus. Padahal, selama ini pemkab menyerukan untuk menjaga kebersihan dan keindahan kota kepada masyarakat.

"Kita semua pingin bersih, masak ngecat setahun sekali tidak bisa? Bahkan selama dalam kepemimpinan saya, tidak pernah dicat toko-toko itu," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (DPRKP) Kabupaten , Sudarmaji mengatakan, pemilik toko-toko tersebut ditarget agar memperbaiki bangunannya di tahun ini. Tak hanya itu, tembok-tembok yang tidak bertuan pun nantinya akan dicat supaya terlihat lebih bagus.

"Toko dan tembok yang Itu banyak sekali, sehingga wajah kota ini tidak bisa terlihat fresh karena terlalu banyak yang seperti itu," ujarnya.

Dirinya tidak menyebutkan jumlah pasti toko dan tembok kumuh yang ada di Bumi Wali. Namun, Kelurahan Kingking, Sidomulyo, dan Karangsari menjadi prioritas utama tim saber kota untuk dipercantik.

"Seluruhnya ada di jalan pangsud (Panglima Sudirman, red), dan kami targetkan semuanya kita eksekusi di tahun ini," pungkasnya. (gun/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Perahu Penyeberangan Tenggelam di Bengawan Solo, Belasan Warga Dilaporkan Hilang':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO