Kamis, 21 Februari 2019 11:55

Awal Perselingkuhan Jadi Pemicu Perceraian

Selasa, 22 Januari 2019 11:39 WIB
Editor: Rizki Daniarto
Wartawan: Yuniardi Sutondo
Awal Perselingkuhan Jadi Pemicu Perceraian
Andri Nur Wicaksana, salah seorang advokat di Posbakum PA Pacitan.

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Kasus perselingkuhan yang berujung keretakan rumah tangga di Pacitan lagi mengalami eskalasi. Hal itu terbukti dari banyaknya kasus permohonan perceraian yang ditangani Pos Bantuan Hukum (Posbakum) Pengadilan Agama (PA) setempat.

Andri Nur Wicaksana, salah seorang advokat di Posbakum PA Pacitan mengungkapkan, kasus perceraian kebanyakan ditengarai dari masalah ekonomi.

"Misalnya, suami pergi merantau. Selama di perantauan, mungkin suami lalai memenuhi kewajibannya terutama nafkah lahiriyah kepada istri. Ini yang menjadi pemicu utama terjadinya keretakan sebuah rumah tangga," kata Andri, Selasa (22/1).

Menurut Andri, kasus perceraian tak lepas dari bayang-bayang kasus perselingkuhan. Meski pada awal terjadinya kasus tersebut dipicu kelalaian suami dalam memenuhi nafkah lahir maupun batin kepada istri. Serta sebaliknya.

"Saat merantau, suami mungkin memiliki wanita idaman lain (WIL) sehingga mereka lalai memenuhi kewajibannya," jelas dia.

Terkait persoalan tersebut, ia mengimbau kepada masyarakat agar banyak belajar dari sejumlah kasus keretakan rumah tangga yang berujung pada kasus perceraian tersebut. Apalagi, banyak masyarakat di Pacitan yang pergi merantau dengan alasan mencari kebutuhan ekonomi keluarga.

"Kalau memang merantau, ya setidaknya jangan melupakan tanggung jawab terhadap keluarga yang ditinggalkan. Sehingga, akan bisa meminimalisir kasus perceraian dengan alasan masalah ekonomi," tandasnya. (yun/rd)

Tim PSC Dinkes Pacitan Siaga 24 Jam, Apa Saja Tugasnya?
Jumat, 01 Februari 2019 06:27 WIB
PACITAN, BANGSAONLINE.com - Dinas Kesehatan (Dinkes) Pacitan mempunyai tim public safety center (PSC) yang siaga 24 jam dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Apa saja tugas tim ini? Simak video berikut.
Selasa, 19 Februari 2019 16:59 WIB
BANGSAONLINE.com - Februari udah mau abis aja nih... Saygon Waterpark punya banyak banget promo menarik buat kalian di bulan Februari ini. Ayo... jangan sampai ketinggalan ya...1. Romantic Moment, Berdua Lebih HematBuat kalian yang dateng berdua sama...
Suparto Wijoyo
Rabu, 20 Februari 2019 12:01 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*DEBAT capres kedua telah digelar dengan segala kehormatannya pada 17 Februari 2019. Riuh tepuk tangan dan sorakan terdengar di setiap kerumunan sebagai lahan hiburan politik yang sangat komunalistik. Saya sendiri menepikan dir...
Sabtu, 16 Februari 2019 11:20 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.AgAl-Isra': 24وَاخْفِضْلَهُمَاجَنَاحَالذُّلِّمِنَالرَّحْمَةِوَقُلْرَّبِّارْحَمْهُمَاكَمَارَبَّيٰنِيْصَغِيْرًاۗWaikhfidh...
Dr. KH. Imam Ghazali Said.
Jumat, 01 Februari 2019 11:02 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...