Jumat, 22 Maret 2019 15:59

Dewan Dorong Dinas ESDM Tingkatkan Pemerataan Aliran Listrik di Jatim

Jumat, 11 Januari 2019 01:13 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: M Didi Rosadi
Dewan Dorong Dinas ESDM Tingkatkan Pemerataan Aliran Listrik di Jatim
Aliyadi Mustofa, anggota Komisi D DPRD Jatim.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - DPRD Jawa Timur mendorong Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jatim meningkatkan elektrikasi, khususnya bagi warga miskin. Sebab lembaga wakil rakyat ini sejak lama juga sudah memperjuangkan pemerataan aliran listrik bagi masyarakat Jatim.

Anggota Komisi D DPRD Jatim, Aliyadi Mustofa mengatakan, saat ini masih banyak warga Jatim yang belum teraliri listrik, khususnya di wilayah kepulauan Sumenep dan sejumlah daerah di Tapal Kuda.

“Kami apresiasi program elektrifikasi Dinas ESDM Jatim, sebab ini sudah menjadi kewajiban Pemprov Jatim,” ujar politikus asal Madura itu, Kamis (10/1).

Anggota Fraksi PKB ini juga mendorong Pemprov Jatim berkoordinasi dengan pemerintah pusat. Di antaranya Kementerian ESDM dan Kementerian BUMN.

“Paling tidak BUMN-BUMN yang ada di Jatim bisa memberikan CSR untuk membantu pembangunan sambungan listrik baru maupun pembangkit listrik tenaga surya di daerah-daerah terpencil dan kepulauan sehingga bisa memenuhi target yang sudah dibuat oleh Pemprov Jatim,”u jar mantan anggota DPRD Sampang tersebut.

Aliyadi menyatakan Komisi D sudah sering berkonsultasi ke Kementerian ESDM. Hasilnya, permintaan Jatim untuk aliran listrik direspons dengan bantuan listrik tenaga surya. Hanya saja listrik tenaga surya tidak signifikan seperti listrik pada umumnya.

"PLN sebagai mitra BUMN harus dapat melihat fakta di lapangan, sehingga tidak semata-mata memikir keuntungan saja," kritiknya.

Untuk diketahui, Pemerintah Provinsi Jawa Timur mencatat ada 75 ribu rumah di Jatim belum tersambung listrik. Pemprov Jatim menargetkan rasio elektrifikasi naik dari 93,1 persen di tahun 2018 menjadi 96 persen di tahun 2019. Upaya menaikkan elektrifikasi itu dengan menggenjot instalasi dan sambungan listrik baru untuk masyarakat miskin.

Kepala Dinas ESDM Jatim, Setiadjit mengatakan, daerah-daerah yang banyak belum teraliri listrik adalah Kabupaten Sumenep karena banyak kepulauan, Sampang, Situbondo, Bondowoso, dan Jember. "Kalau daerah lain juga ada. Hanya yang paling banyak lima kabupaten," ungkap Setiadjit. (mdr/rev)

Polda Jatim Gerebek Pabrik Makanan Ringan Berbahan Tawas dan Bumbu Kadaluarsa di Sidoarjo
Jumat, 15 Maret 2019 05:14 WIB
SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Tim Satgas Pangan Polda Jatim menggerebek pabrik produksi makanan ringan (snack) di Dusun Dodokan, Desa Tanjungsari, Taman, Sidoarjo, Kamis (14/3). Dalam penggerebekan ditemukan bahan baku berbahaya dan kadaluarsa y...
Selasa, 19 Februari 2019 16:59 WIB
BANGSAONLINE.com - Februari udah mau abis aja nih... Saygon Waterpark punya banyak banget promo menarik buat kalian di bulan Februari ini. Ayo... jangan sampai ketinggalan ya...1. Romantic Moment, Berdua Lebih HematBuat kalian yang dateng berdua sama...
H. Suparto Wijoyo
Rabu, 20 Maret 2019 10:57 WIB
Oleh: H. Suparto Wijoyo*PAPUA menghadirkan duka pada saat yang nyaris setarikan nafas panjang atas tragedi yang menimpa Jamaah shalat Jumat di Masjid An Noor, Christchurch, Selandia Baru, Jumat 15 Maret 2019. 49 orang tewas akibat pemberondongan...
Minggu, 17 Maret 2019 23:15 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag28. Wa-immaa tu’ridhanna ‘anhumu ibtighaa-a rahmatin min rabbika tarjuuhaa faqul lahum qawlan maysuuraanDan jika engkau berpaling dari mereka untuk memperoleh rahmat dari Tuhanmu yang engkau harapkan, maka kat...
Dr. KH. Imam Ghazali Said.
Jumat, 01 Februari 2019 11:02 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...