Ribuan Ulat Buru 'Serang' Probolinggo, Menyebar di Sumberkare

Ribuan Ulat Buru Ulat bulu memenuhi halaman rumah salah satu warga.

PROBOLINGGO, BANGSAONLINE.com - Ulat Bulu kembali menyerang Kabupaten . Serangan ulat bulu ini merupakan yang kedua kalinya mewabah di . Kali ini, ulat yang dikenal dengan bahasa caterpillars ini menyerang warga Desa Sumberkare, Kecamatan Wonomerto, Kabupaten .

Ulat bulu itu meresahkan warga, karena masuk ke rumah-rumah warga. Tak jarang, ulat bulu itu juga merusak tanaman dan pohon-pohon yang ada di desa setempat. Ulat itu juga bergelantungan liar di dahan-dahan pohon jati dan juga di tembok-tembok rumah warga. Karenanya, warga diimbau berhati-hati jika melintas di Desa Sumberkare, Wonomerto, Kabupaten .

Menurut pengamatan BANGSAONLINE.com, ulat bulu itu berada di Dusun Gedangan, Desa Sumberkare. Ulat Bulu yang dikenal menyebabkan gatal-gatal itu juga menyebabkan banyak daun pepohonan rusak karena dimakan.

Menurut penuturan warga setempat, Hasyim (29), serangan ulat bulu itu sudah terjadi sekitar seminggu yang lalu. Ulat itu pertama kali berkembang biak di pohon-pohon jati hingga masuk ke pemukiman warga.

"Ulat itu memang tak berbahaya. Namun, banyak warga yang gatal-gatal akibat ulat itu. Bahkan, ulat itu juga masuk ke rumah dan gudang saya. Sudah semingguan ini ulat-ulat itu muncul. Ini dari pagi terlihat menggerombol di gudang toko bangunan saya. Sebenarnya tidak berbahaya, tapi kalau yang takut bisa geli atau alergi," ucapnya.

Hal senada disampaikan Barsyam (47). Ia yang saat itu melewati pepohonan jati tampak berhenti dari motornya. Ia harus membersihkan badannya yang terkena ulat agar terhindar dari gatal-gatal.

“Ya geli aja lihat ulat soalnya jatuh dari pohon. Makanya saya berhenti bersihkan ulat. Itu kan dari pohon jati turun ke jalan,” tutur Barsyam.

Begitu juga dengan Misti (45). Perempuan pejalan kaki ini mengaku takut dengan ulat pohon jati itu. “Ya takut, banyak sekali soalnya. Memang kecil tapi geli dan gatalnya itu yang bikin saya takut,” tandasnya. (ndi/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO