Jumat, 27 November 2020 21:02

Peradi Gresik Tak Setuju dengan Syarat Seleksi Posbakum PA Harus Kantongi LKBH

Selasa, 01 Januari 2019 19:23 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: M. Syuhud Almanfaluty
Peradi Gresik Tak Setuju dengan Syarat Seleksi Posbakum PA Harus Kantongi LKBH
A. Fajar Yulianto, S.H.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Sekretaris DPC Peradi Kabupaten Gresik, A. Fajar Yulianto, S.H, menyoal persyaratan seleksi calon penyedia Posbakum yang diadakan oleh Pengadilan Agama (PA) Gresik. Sebab menurutnya, dari 11 syarat yang ditentukan oleh panitia, ada salah satu persyaratan yang dinilai janggal lantaran tak diatur dalan perundang-undangan.

"Di persyaratan seleksi calon penyedia Posbakum ada syarat berbasis pendidikan/lembaga konsultasi dan bantuan hukum (LKBH) Perguruan Tinggi. Syarat harus mengantong LKBH tersebut patut disinyalir sebagai upaya untuk menjegal lembaga bantuan hukum yang akan ikut seleksi, namun belum mengantongi LKBH. Kalau itu benar adanya, jelas terjadi ketidakadilan," cetus Fajar kepada BANGSAONLINE.com, Selasa (1/1/2019) petang.

"LKBH sebagai bantuan hukum yang dapat ikut dalam program Posbakum di Pengadilan Agama harus lulus verifikasi akreditasi oleh Kemenkumham RI," imbuhnya.

Fajar kemudian membeberkan bahwa ketentuan di Undang-Undang UU Nomor 6 tahun 2011 tentang Bantuan Hukum, tidak menyebutkan adanya klausul harus berbasis pendidikan dan LKBH Perguruan Tinggi.

"Syarat-syarat pemberi bantuan hukum sebagaimana dimaksud pada ayat 1 hanya meliputi badan hukum, terakreditasi berdasarkan Undang-Undang ini, memiliki kantor atau sekretariat yang tetap, memiliki pengurus, dan memiliki program bantuan hukum," urainya.

"Karenanya, sekali lagi saya katakan syarat ketentuan tambahan ini patut diduga akan menimbulkan potensi adanya faktor nepotisme dan penjaringan atau proses verifikasi yang kurang fair," tudingnya.

Untuk itu, Fajar meminta agar syarat LKBH Perguruan Tinggi itu dihapus. "Kalau tak ada dasarnya kenapa harus ada syarat LKBH Perguruan Tinggi?," pungkasnya.

Sayang, hingga berita ini diturunkan belum ada konfirmasi pihak panitia seleksi calon penyedia Posbakum yang diadakan oleh Pengadilan Agama (PA) Gresik. (hud/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 20 November 2020 22:13 WIB
SUMENEP, BANGSAONLINE.com - Berbicara tentang destinasi wisata di Kabupaten Sumenep memang tak pernah sepi. Selain memiliki sejumlah tempat wisata religi dan budaya, kabupaten yang berada di ujung timur Pulau Madura ini juga memiliki segudang destina...
Selasa, 10 November 2020 09:44 WIB
Oleh: M. Mas’ud Adnan --- Peristiwa 10 November 1945 adalah tonggak sejarah sangat penting bagi bangsa Indonesia, terutama umat Islam. Sebab, pada momentum 10 November itulah, nasionalisme mendapat pemaknaan sangat signifikan dalam paradigma k...
Minggu, 22 November 2020 21:26 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*39. walawlaa idz dakhalta jannataka qulta maa syaa-a allaahu laa quwwata illaa biallaahi in tarani anaa aqalla minka maalan wawaladaanDan mengapa ketika engkau memasuki kebunmu tidak mengucapkan ”Masya Allah, ...
Jumat, 06 November 2020 10:34 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...