Kamis, 18 April 2019 22:15

Jelang Misa, Kapolres Gresik Cek CCTV Gereja

Senin, 24 Desember 2018 20:08 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: M Suhud Almanfaluty
Jelang Misa, Kapolres Gresik Cek CCTV Gereja
Kapolres Gresik AKBP Wahyu Sri Bintoro saat cek CCTV di Gereja Katolik ST. Perawan Maria. Foto: SYUHUD A/BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Kapolres Gresik, AKBP Wahyu S. Bintoro mengecek CCTV di Gereja Katolik ST. Perawan Maria, di Jalan Arif Rahman Hakim, Gresik, Senin (24/12/2018) siang. Hal ini untuk memberikan rasa aman bagi para jemaat gereja yang akan lakukan misa natal pada Senin malam dan Selasa (25/12) esok paginya.

Menurut Kapolres, di Gereja Katolik ST. Perawan Maria terpasang sebanyak 16 CCTV di sejumlah titik areal gereja. "Sehingga, CCTV tersebut bisa mengecek semua aktivitas di areal geraja," katanya.

Pemasangan CCTV sangat diperlukan untuk mengantisipasi kejadian tak diinginkan saat berlangsungnya perayaan natal dan ibadah umat Kristiani.

Menurut Kapolres, di Kabupaten Gresik terdapat 25 gereja baik kecil maupun besar. Untuk menjaganya saat perayaan natal, Polres Gresik mengadakan patroli besar. "Kami kerahkan 300 personel untuk patroli tersebut," paparnya.

Selain itu, Polres Gresik juga dibantu Brimob Polda Jatim dan Tim penjinak bom (Jibom) Gegana Polda Jatim. "Tim ini akan mengawal dan lakukan sterilisasi gereja baik malam dan pagi saat perayaan natal," urai mantan Kapolres Bojonegoro ini.

Ditambahkan Kapolres, dalam pengamanan natal, pihaknya juga dibantu personel Kodim 0817 Gresik. Sejauh ini, gereja yang akan digunakan ibadah umat Kristiani tak diketemukan adanya tanda-tanda gangguan Kamtibmas.

Namun demikian, Polres Gresik bekerja sama dengan Kodim 0817 terus melakukan penjagaan di sejumlah gereja. "Langkah ini untuk mengantisipasi kejadian tak diinginkan," jelasnya.

Ia menambahkan, sejauh ini kondisi Kabupaten Gresik aman dan kondusif. Kondisi ini diharapkan tetap berjalan sampai kapan pun. "Mudah-mudahan tetap aman. Kita berdoa semua agar Gresik tetap aman dan kondusif," pungkasnya.

Pranciscus Siswantoro pembantu pastur Gereja Katolik ST. Perawan Maria menyatakan, jemaat di gereja tersebut sebanyak 1600. Namun, dimungkinkan saat misa jemaat sebanyak itu tak bisa hadir semua karena sedang libur. "Rata-rata mereka kan pendatang. Jadi waktu libur panjang seperti ini ya banyak yang pulang," katanya.

Ditanya soal 16 CCTV di gereja, Fransiscus membenarkannya. "CCTV sebanyak itu diminta Pak Kapolres memasangnya untuk menjaga keamanan gereja," terangnya. (hud/ian)

Polda Jatim Gerebek Pabrik Makanan Ringan Berbahan Tawas dan Bumbu Kadaluarsa di Sidoarjo
Jumat, 15 Maret 2019 05:14 WIB
SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Tim Satgas Pangan Polda Jatim menggerebek pabrik produksi makanan ringan (snack) di Dusun Dodokan, Desa Tanjungsari, Taman, Sidoarjo, Kamis (14/3). Dalam penggerebekan ditemukan bahan baku berbahaya dan kadaluarsa y...
Selasa, 26 Maret 2019 21:54 WIB
MADIUN, BANGSAONLINE.com - KAI Daop 7 ajak beberapa wartawan wilayah Madiun, mulai dari wartawan cetak, online, dan televisi, ke tempat bangunan bersejarah Lawang Sewu dan Stasiun Ambarawa, Selasa (26/3). Kegiatan ini dilakukan selama dua hari (25-26...
Suparto Wijoyo
Rabu, 17 April 2019 10:19 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*RABU 17 April 2019 telah beranjak dari gawe demokrasi yang amat besar bagi Republik ini. Pemilu untuk memilih capres-cawapres, caleg DPR RI maupun DPRD dan insan DPD bagi kepentingan kepemimpinan lima tahun mendatang telah usai. ...
Sabtu, 13 April 2019 11:40 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag36. Walaa taqfu maa laysa laka bihi ‘ilmun inna alssam’a waalbashara waalfu-aada kullu ulaa-ika kaana ‘anhu mas-uulaanDan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesun...
Dr. KH. Imam Ghazali Said.
Jumat, 01 Februari 2019 11:02 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...