Selasa, 25 Juni 2019 01:29

Peringatan ke-70 Hari Bela Negara, Wawali Cak Rizal Jadi Inspektur Upacara

Rabu, 19 Desember 2018 20:02 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Rochmad Saiful Aris
Peringatan ke-70 Hari Bela Negara, Wawali Cak Rizal Jadi Inspektur Upacara
Cak Rizal saat membacakan sambutan Menkopolhukam, Wiranto.

KOTA MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kota Mojokerto menggelar Upacara Peringatan ke-70 Hari Bela Negara, Rabu (19/12), di halaman kantor Wali Kota Mojokerto. Bertindak selaku inspektur upacara, Wakil Wali kota Mojokerto Achmad Rizal Zakaria mewakili Ning Ita, panggilan akrab Wali kota Mojokerto Ika Puspitasari.

Dalam kesempatan ini Cak Rizal-sapaan akrab Wakil Wali kota Mojokerto Achmad Rizal Zakaria membacakan sambutan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Republik Indonesia, Wiranto. 

Disampaikannya, penetapan peristiwa bersejarah sebagai hari bela negara ini merupakan penegasan bahwa bela negara sejak dulu telah memiliki konteks yang sangat luas. Bela negara tidak dapat hanya dilakukan dengan kekuatan fisik dan senjata semata, namun harus dilakukan melalui beragam upaya dan profesi. 

Bela negara, ungkap Cak Rizal membacakan sambutan, adalah kerja sama segenap elemen bangsa dan negara, bukan hanya pemerintah, apalagi sekadar nomenklatur program instansi atau satuan kerja tertentu saja. 

Kesadaran bela negara, nilai-nilai luhur bangsa, kearifan lokal, dan keaslian lingkungan hidup, sambung Cak Rizal, tidak mungkin diserahkan kepada kecerdasan buatan yang sangat tergantung ketersediaan alat, koneksi jaringan, dan listrik. “Semuanya harus ditanamkan dalam jiwa dan raga segenap Bangsa Indonesia sejak dini antara lain melalui kewajiban mengikuti pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan, serta aksi nasional bela negara di berbagai bidang,” kutipnya.

Masih membacakan amanat Menkopolhukam, Cak Rizal menyampaikan bahwa diperlukan cara-cara yang inovatif serta adaptif dengan perkembangan zaman agar anak-anak muda mendapatkan ruang untuk mengekspresikan kecintaannya pada tanah air, karena anak-anak mudalah yang akan menahkodai kapal besar Republik Indonesia di masa depan.

“Tugas bela negara tentulah bukan tugas yang ringan seiring dengan makin kompleksnya tantangan yang dihadapi. Namun saya harap melalui sinergi antar segenap elemen Bangsa Indonesia, kita semua mampu membawa Indonesia menjadi negara yang berdaulat, mandiri, adil, dan makmur, serta berkepribadian dalam kebudayaan,” harapnya. 

Hadir dalam upacara, jajaran Forkopimda Kota Mojokerto, Ketua DPRD Kota Mojokerto, dan diikuti segenap kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kota Mojokerto, serta Aparatur Sipil Negara di lingkungan Pemerintah Kota Mojokerto. (ris/rev)

Senin, 24 Juni 2019 12:08 WIB
TRENGGALEK, BANGSAONLINE.com - Novita Hardiny, istri dari Bupati Trenggalek Moh. Nur Arifin menegaskan kebersihan di kawasan wisata merupakan hal yang harus dijaga, baik oleh pemerintah, masyarakat, termasuk pengunjung wisata itu sendiri.Perny...
Jumat, 31 Mei 2019 21:16 WIB
Penulis: Nabrisi Rohid*Tahapan Pemilu 2019 sudah berjalan lebih dari setahun. Pada 21 Mei 2019 dini hari, KPU telah menetapkan pemenang dalam Pemilu tahun ini. Setelah itu, muncullah berbagai gerakan untuk menolak hasil Pemilu. Gerakan tersebut dikem...
Sabtu, 22 Juni 2019 17:29 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag54. Rabbukum a’lamu bikum in yasya' yarhamkum aw in yasya' yu’adzdzibkum wamaa arsalnaaka ‘alayhim wakiilaanTuhanmu lebih mengetahui tentang kamu. Jika Dia menghendaki, niscaya Dia akan memberi rahmat kepad...
Sabtu, 22 Juni 2019 13:55 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<...