Minggu, 20 Januari 2019 23:14

Peringatan ke-70 Hari Bela Negara, Wawali Cak Rizal Jadi Inspektur Upacara

Rabu, 19 Desember 2018 20:02 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Rochmad Saiful Aris
Peringatan ke-70 Hari Bela Negara, Wawali Cak Rizal Jadi Inspektur Upacara
Cak Rizal saat membacakan sambutan Menkopolhukam, Wiranto.

KOTA MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kota Mojokerto menggelar Upacara Peringatan ke-70 Hari Bela Negara, Rabu (19/12), di halaman kantor Wali Kota Mojokerto. Bertindak selaku inspektur upacara, Wakil Wali kota Mojokerto Achmad Rizal Zakaria mewakili Ning Ita, panggilan akrab Wali kota Mojokerto Ika Puspitasari.

Dalam kesempatan ini Cak Rizal-sapaan akrab Wakil Wali kota Mojokerto Achmad Rizal Zakaria membacakan sambutan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Republik Indonesia, Wiranto. 

Disampaikannya, penetapan peristiwa bersejarah sebagai hari bela negara ini merupakan penegasan bahwa bela negara sejak dulu telah memiliki konteks yang sangat luas. Bela negara tidak dapat hanya dilakukan dengan kekuatan fisik dan senjata semata, namun harus dilakukan melalui beragam upaya dan profesi. 

Bela negara, ungkap Cak Rizal membacakan sambutan, adalah kerja sama segenap elemen bangsa dan negara, bukan hanya pemerintah, apalagi sekadar nomenklatur program instansi atau satuan kerja tertentu saja. 

Kesadaran bela negara, nilai-nilai luhur bangsa, kearifan lokal, dan keaslian lingkungan hidup, sambung Cak Rizal, tidak mungkin diserahkan kepada kecerdasan buatan yang sangat tergantung ketersediaan alat, koneksi jaringan, dan listrik. “Semuanya harus ditanamkan dalam jiwa dan raga segenap Bangsa Indonesia sejak dini antara lain melalui kewajiban mengikuti pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan, serta aksi nasional bela negara di berbagai bidang,” kutipnya.

Masih membacakan amanat Menkopolhukam, Cak Rizal menyampaikan bahwa diperlukan cara-cara yang inovatif serta adaptif dengan perkembangan zaman agar anak-anak muda mendapatkan ruang untuk mengekspresikan kecintaannya pada tanah air, karena anak-anak mudalah yang akan menahkodai kapal besar Republik Indonesia di masa depan.

“Tugas bela negara tentulah bukan tugas yang ringan seiring dengan makin kompleksnya tantangan yang dihadapi. Namun saya harap melalui sinergi antar segenap elemen Bangsa Indonesia, kita semua mampu membawa Indonesia menjadi negara yang berdaulat, mandiri, adil, dan makmur, serta berkepribadian dalam kebudayaan,” harapnya. 

Hadir dalam upacara, jajaran Forkopimda Kota Mojokerto, Ketua DPRD Kota Mojokerto, dan diikuti segenap kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kota Mojokerto, serta Aparatur Sipil Negara di lingkungan Pemerintah Kota Mojokerto. (ris/rev)

Jumat, 28 Desember 2018 23:10 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Kampung Toronan Semalam yang berada di Desa Blumbungan, Kecamatan Larangan, Pamekasan, Madura memiliki keindahan tersendiri yang bisa dinikmati para wisatawan. Kampung ini cukup unik lantaran bunga Sakura yang kerap...
Rabu, 16 Januari 2019 09:58 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*17 JANUARI 2019 diagendakan pagelaran akbar berdemokrasi yang konon dinanti banyak orang. Konon saja mengingat situasinya sudah dipahami oleh khalayak mengenai materi yang diperbincangkan, bukan yang diperdebatkan. Inilah pe...
Sabtu, 19 Januari 2019 12:37 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.AgAl-Isra': 20-22 20. kullan numiddu haaulaa-i wahaaulaa-i min ‘athaa-i rabbika wamaa kaana ‘athaau rabbika mahtsuuraanKepada masing-masing (golongan), baik (golongan) ini (yang menginginkan dunia) maupun (gol...
Sabtu, 10 November 2018 10:00 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<...