Tingkatkan Partisipasi Pemilih, KPU Lamongan Gencarkan Sosialisasi Berbasis Komunitas

Tingkatkan Partisipasi Pemilih, KPU Lamongan Gencarkan Sosialisasi Berbasis Komunitas Fatkhur Rohman (berkopyah), Ketua Divisi SDM dan Parmas KPU Lamongan bersama peserta.

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Untuk meningkatkan partisipasi pemilih dalam pemilu 2019, KPU Kabupaten Lamongan terus melakukan sosialisasi berbasis komunitas. Kali ini KPU sosialisasi ke komunitas PPDI (Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia) Kabupaten Lamongan.

"Kegiatan sosialisasi ini terus kami lakukan dengan menyisir berbagai komunitas agar partisipasi masyarakat di Lamongan meningkat. Harapan kami dengan menyisir berbagai komunitas ini bisa mentransformasikan informasi penyelenggaraan pemilu ke seluruh jejaring anggotanya dan keluarganya," ujar M. H. Fatkhur Rohman, anggota Divisi SDM dan Parmas usai sosialisasi di Sekretariat PPDI Kabupaten Lamongan, Senin (3/12)

Dalam sosialisasi tersebut, Fatkhur juga menyampaikan pesan kepada peserta pemilu dan simulasi tata cara pencoblosan untuk suara sah dan tidak sah. Ia juga mengingatkan seluruh elemen masyarakat yang sudah memiliki hak pilihnya untuk datang ke TPS-nya masing-masing pada hari Rabu tanggal 17 April 2019.

"Kami berharap pemilih bisa menentukan pilihan untuk mencoblos pada surat suara Calon Presiden dan Wakil, Calon Anggota DPR RI, Calon Anggota DPRD Provinsi Jatim, Calon Anggota DPRD Kabupaten Lamongan dan Calon Anggota DPD," ujar Fatkhur.

Masih menurut Fatkhur, kini KPU tengah memasuki proses penyempurnaan daftar pemilih tetap hasil perbaikan (DPTHP) yang juga dilakukan pencermatan padanan data pemilih non-KTP elektronik dengan DP4, dan memastikan data pemilih tersebut dilakukan koordinasi dengan instansi terkait serta Bawaslu.

"Selain itu juga dilakukan pendataan potensi kegandaan data dalam negeri ataupun luar negeri. Selain proses perbaikan data pemilih, masa kampanye juga sudah berjalan sejak tanggal 23 September 2018 dan berahir pada 13 April 2019 mendatang," jelasnya.

Sementara, Ketua PPDI Lamongan Ali Shodikin, menyambut baik kegiatan yang dilakukan oleh . "Kami merasa senang sangat diperhatikan oleh . Kami juga mendapatkan informasi tata cara mencoblos, siapa saja calon untuk presiden dan wakil presiden, calon anggota DPR RI, DPRD Provinsi Jatim, DPRD Kabupaten Lamongan dan calon anggota DPD. Kami juga mendapatkan gambaran jumlah surat suara di pemilu tahun 2019 mendatang." ujarnya

Selain itu tambah Ali dirinya juga mengetahui ketersediaan surat suara dalam bentuk template untuk tuna netra, akses yang memadai di TPS (Tempat Pemungutan Suara) untuk para penyandang disabilitas. "Kami berharap dengan sosialisasi seperti ini kami juga dapat menyalurkan informasi kepemiluan kepada anggota kami yang lain agar kelak tetap menggunakan hak pilihnya," pungkasnya. (qom/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO